August 30, 2008

Meskipun Pahit, Pare atasi Beragam Penyakit

pareTanaman atau buah pare memang pahit. Namun, dibalik rasa pahit itu ternyata tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Buahnya mengandung albiminoid, karbohidrat, dan zat warna. Daunnya mengandung momordisina, momordina, karantina, resin dan minyak lemak. Akarnya mengandung asam momordial dan asam oleanolat. Bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.
Khasiat buah pare diantaranya dapat merangsang nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning, memperlancar pencernaan, sampai sebagai obat malaria. Daun pare berkhasiat menyembuhkan mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan, menurunkan panas, mengeluarkan cacing kremi dan menyembuhkan batuk.

Selain serat, pare juga banyak mengandung vitamin C, karoten dan kalium. Serat bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit. Karotin dapat meningkatkan aktivitas mata. Artinya, pare dapat mengatasi ataupun mengurangi keluhan rabun senja. Kaliumnya berfungsi mengatasi penyerapan natrium (garam) berlebih sehingga berkhasiat mengatasi tekanan darah tinggi.

Vitamin C dalam pare juga berfungsi menjaga kecantikan kulit atau mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari. Bijinya juga merupakan antikoksidan yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh yang memicu pembentukan sel kanker, mempercepat penuaan, penyumbatan arteri dan stroke.
Dikutip dari: BaliPost

Related posts :


17 comments:

Anonymous said...

Asli saya masih belom bisa makan yang satu ini hhihihihi

Anonymous said...

setuju kalo pare merangsang nafsu makan, soale sehabis makan pare, saya pasti pingin buru - buru makan yang lainnya ... :| ummmm apa karena pait ya? jadi pingin ngilangin paitnya

Imnoval on 30/8/08 16:50 said...

wah saya belum coba tuh emang pahit benar ga??? tapi kata nenek saya yang pahit itu asik ko :D

Anonymous said...

yang pahit2 biasanya banyak manfaaatnya... makanya cari pasangan yang pahit jagan terlalu manis hehehehe *lg gak nyambung*

Anonymous said...

gw gak terlalu suka... pahittt... he..he..

Anonymous said...

Informasi bagus ternyata pare banyak manfaat juga tapi Chika ga suka pare ;D

Anonymous said...

duh, pare... sesuai komentar2 temen2 diatas, makannya males, pait banget. tapi baru tau tuh banyak bgt fungsinya. sesuai kata orang tua jaman dulu "obat itu mana ada yg manis" :)

Anonymous said...

sam aku ama masencip..kg suka pahit

Laela Inges on 31/8/08 14:05 said...

@ 4 all: aye ucapin banyak2 trimakasih untuk sobat semua, dah sempat mampir dan kasih koment.. Sukses selalu untuk kita semua.

" SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA "

Joe Spyder on 31/8/08 14:13 said...

hehehe.. bener banget bos walau pahit belum tentu itu racun dan begitu juga manis belum tentu juga bukan racun, pare emang pahit cuman khasiatnya luar biasa..

Anonymous said...

kalau itu mah temennya kalau lagi makan baso tahu :D

Anonymous said...

ternyata pare banyak khasiatnya juga ya :)

Laela Inges on 1/9/08 07:02 said...

@Joe Spyder, mastal, Anang, Taktiku, OOM : makasih banyak ya dah berkenan mampir dan kasi komen. He... :)

*SUKSES SELALU UNTUK KITA SEMUA*

Mama Shahira dan Syafiq on 1/9/08 16:20 said...

Wah.. br tau kalo ternyata pare banyak manfaatnya.. selama ini makan pare karena emang enak sih.. di sambel pake teri medan enak betull.. wah.. jd laper nih puasa2 ngebayanginnya..hehehe

The Diary on 4/9/08 14:27 said...

duh... aku paling gak suka ma pare... mau dimasak macam apapun tetep gak suka hiks2

infogue on 23/9/08 10:55 said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Laela Inges on 23/9/08 12:08 said...

@untuk semua: makacih banyak ya komen dan masukannya.... :)


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers