August 28, 2008

Ga' PeDe, Kenapa ya...?

Wah ini dia nich yang sering aku alami, kenapa ya? Ayo siapa yang pernah ngalami juga? Jujur aja...! he.. Pada suatu saat mungkin kita pernah merasa kurang rapi, kurang gagah, kurang cantik, kurang menarik, nggak pinter, atau kurang apa kek...(alias gak PeDe), tapi belum tentu orang-orang atau pun teman-teman kita akan berpikiran seperti itu ketika melihat kita. Nah diri kitalah yang sebenarnya menciptakan sikap negatif itu, karena kita merasa nggak selayak itu. Contoh kecil, waktu SMA sering kali kita takut untuk bertanya di kelas, karena merasa pertanyaan itu jelek atau takut temen-temen yang lain akan menertawakannya.

Kalo sikap gak PeDe alias MINDER ini terus dibiarin, wah bisa-bisa kronis lho.. he.. Yang jelas sifat kayak gini membuat kita nggak bisa mengoptimalkan potensi diri, dan akan lahir sikap sampingan yang berbahaya. Yaitu mengejek diri sendiri, kekuatiran, ketergantungan dan sering panik.

Kita menilai diri kita adalah orang yang paling bodoh, atau ungkapan berkonotasi negatif lainnya. Jika seseorang menganggap dirinya bodoh, apalagi bila dikatakan kepada semau eh semua orang bahwa dia adalah bodoh, maka dia akan berusaha membuktikan kalo dirinya itu memang bener-bener bodoh. Tingkah lakunya tertuju pada usaha pembuktian, bahwa dia bodoh. Aduch...gimana nich...? Help me...!

Terus, solusinya harus gimana dong?
Ya sebenarnya gampang aja klo kita mau, jadilah diri kita sendiri dan patahkan semua penghalang itu. Nggak selamanya kita harus mendiamkan diri dalam kesalahan semacam ini. Kuncinya terus berbuat dan mau berubah, jadilah yang terbaik. Dan ingat, setiap orang telah diberi kelebihan masing-masing oleh Allah Swt, nggak mungkin seseorang tidak punya kelebihan apa-apa. Itu hanya prasangka yang nggak kuat. Ya nggak...?
O ya, bagi sobat-sobat yang mau kasi masukan, silakan ya... sangat diharapkan...


Related posts :


17 comments:

Bunda Rierie on 28/8/08 15:44 said...

hmmmmm....bunda juga masih agak malu-malu n gak pede nich... apalagi kalau mau bicara didepan byk org.. ha..ha.. (padahal udah ibu2 juga..)

paddi on 28/8/08 16:06 said...

saya juga tipe yang canggung di depan umum,keringat dingin langsung bercucuran biasanya...solusi yang biasa kulakukan untuk meminimalisir rasa tidak pede di depan umum adalah dengan cuek dengan sekitar,tapi itu juga belum cukup,karena muka biasanya langsung berubah,kalau tidak merah ya pucat...he3X,jadi ;))

PenCuri Kode on 28/8/08 19:11 said...

wah kalau saya sih udah keliwat pedenya namun ternyata ini juga bermasalah sehingga saya mempunyai kesimpulan pede boleh aja tapi pada tempatnya...

uNieQ on 28/8/08 19:56 said...

dulu juga cc pernah ngalamin seperti ini.. Minderan.. ga PD banged..tp lama2 jadi PD2 aja..soalnya teman2 disekitar cc ga pernah ngejatuhin cc n selalu dukung cc.. itu juga salah satu kunci biar qt bisa PD.. dapat dukungan yg tulus dari orang2 disekitar qt :D

Daniel GM on 28/8/08 20:13 said...

segala sesuatu ada pertama kali.. dan pertama kali pasti takut,cemas dan grogi...aku dulu habis main musik pertama kali nangis... he he.. sekarang malah ga pengaruh tuh mau berapa banyak orang yg nonton... jadi bisa karena biasa... gitu sih menurutku...

acy on 28/8/08 20:54 said...

pola pikir yang positif akan membantu diri buat survive dan berkembang, optimis yap :)

erwin on 28/8/08 21:32 said...

wah betul juga tu kang..

Panda on 29/8/08 16:02 said...

kalo Panda sih ga pny urat malu :D

Bayu Aditya on 29/8/08 16:26 said...

iya mas, waktu sma juga sering takut2 tanya.. minder, takutnya malah diketawain :p

Rogan on 29/8/08 16:51 said...

kenapa ngak pede mba

Kristina Dian Safitry on 29/8/08 16:54 said...

kurang konfidens?kupikir manusiawi banget. dan salah satu cara klo yg kupakai selama ini sih cuma berkata dlm hati:pede aza lagi. "kamu tuh cantik(meski gk cantik),kamu tuh pinter(meski gak pinter2amat) badanmu tuh tinggi semampai(kalo ini emang bener)*gubrak!*

bungcip on 29/8/08 18:40 said...

Kalau kurang pede tinggal ditambahin aja pede-nya :P

Yuwie Friendster on 29/8/08 23:53 said...

Mungkin biar lebih PD, Jangan fokus pada hal-hal negatif dari kita, fokus saja pada hal-hal positif yang kita miliki.. ;)

Mama Shasa Shahira on 30/8/08 03:27 said...

Mama juga pernah ngalamin gak Pe De, Tapi berusaha membangun Pe De dengan selalu berfikir positif.. hasilnya luar biasa.. ternyta Pe De itu memang erat kaitannya dengan pikiran kita sendiri..

Hendrawan on 30/8/08 10:03 said...

masa iya nggak pede?
lam kenal...

Tini Syifa on 30/8/08 12:02 said...

Sometime ga Pe De juga baik koq, hehhe afwan itu kata tini lho... karena ke Pe De an hasilnya juga ga bagus.

ga Pe De menjadikan kita selalu melihat kekurangan diri dan seharusnya memperbaikinya.

ga Pe De menjadikan kita berpikir "siapa sich diri kita"

wah tapi jangan ampe ga Pe De mulu, beneran bahaya...jadi berdiri di satu tempat aja..

ok! :)

ugQ on 30/8/08 12:19 said...

@Untuk semua : Tengs banget ya dah berkenan mampir dan kasi koment.. he.. :)


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers