January 27, 2010

Sejarah Hari Valentine - Mitos Valentine Day - Asal Muasal Hari Valentine

Melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul "Valentine's Day - Hari Valentine", dan selanjutnya kita akan bahas mengenai sejarah Hari Valentine, mitos Valentine's Day atau asal muasal Hari Valentine. Menurut berbagai sumber on the net, ternyata hari valentine (hari kasih sayang) memiliki sejarah yang rancu. Dugaan yang beredar memiliki beberapa versi dibawah ini:



Asal Muasal Hari Valentine :

Perayaan hari Valentine termasuk salah satu hari raya bangsa Romawi paganis (penyembah berhala), di mana penyembahan berhala adalah agama mereka semenjak lebih dari 17 abad silam. Perayaan valentin tersebut merupakan ungkapan dalam agama paganis Romawi kecintaan terhadap sesembahan mereka.

Perayaan Valentine's Day memiliki akar sejarah berupa beberapa kisah yang turun-temurun pada bangsa Romawi dan kaum Nasrani pewaris mereka. Kisah yang paling masyhur tentang asal-muasalnya adalah bahwa bangsa Romawi dahulu meyakini bahwa Romulus (pendiri kota Roma) disusui oleh seekor serigala betina, sehingga serigala itu memberinya kekuatan fisik dan kecerdasan pikiran. Bangsa Romawi memperingati peristiwa ini pada pertengahan bulan Februari setiap tahun dengan peringatan yang megah. Di antara ritualnya adalah menyembelih seekor anjing dan kambing betina, lalu dilumurkan darahnya kepada dua pemuda yang kuat fisiknya. Kemudian keduanya mencuci darah itu dengan susu. Setelah itu dimulailah pawai besar dengan kedua pemuda tadi di depan rombongan. Keduanya membawa dua potong kulit yang mereka gunakan untuk melumuri segala sesuatu yang mereka jumpai. Para wanita Romawi sengaja menghadap kepada lumuran itu dengan senang hati, karena meyakini dengan itu mereka akan dikaruniai kesuburan dan melahirkan dengan mudah.

Sejarah hari valentine I :
Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera. Tahu gak dewa Zeus? itu bokap-nye hercules.

Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan berlari-lari di jalanan kota Roma sambil membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai dijalan. Sebagian ahli sejarah mengatakan ini sebagai salah satu sebab cikal bakal hari valentine.


Sejarah Valentine's Day II :
Menurut Ensiklopedi Katolik, nama Valentinus diduga bisa merujuk pada tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda yaitu dibawah ini:
  • pastur di Roma
  • uskup Interamna (modern Terni)
  • martir di provinsi Romawi Afrika.
Hubungan antara ketiga martir ini dengan hari raya kasih sayang (valentine) tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti dari emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada tahun 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine (14 Februari), di mana peti dari emas diarak dalam sebuah prosesi dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu dilakukan sebuah misa yang khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santo yang asal-muasalnya tidak jelas, meragukan dan hanya berbasis pada legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Sejarah hari valentine III :
Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sastrawan Inggris Pertengahan bernama Geoffrey Chaucer. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) bahwa:
For this was sent on Seynt Valentyne's day (Bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus) Whan every foul cometh ther to choose his mate (Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya)

Pada jaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari valentine dan memanggil pasangan Valentine mereka. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi naskah British Library di London. Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai santo Valentinus diciptakan pada jaman ini. Beberapa di antaranya bercerita bahwa:

  • Sore hari sebelum santo Valentinus akan mati sebagai martir (mati syahid), ia telah menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis "Dari Valentinusmu".
  • Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claudius II, santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka diam-diam.
Pada kebanyakan versi legenda-legenda ini, 14 Februari dihubungkan dengan keguguran sebagai martir.

Sejarah Valentines Day IV :
Kisah St. Valentine

Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke-III. Ia hidup di kerajaan yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci kaisar tersebut. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamya.

Namun sayangnya keinginan ini tidak didukung. Para pria enggan terlibat dalam peperangan. Karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dan kekasih hatinya. Hal ini membuat Claudius marah, dia segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.

Claudius berfikir bahwa jika pria tidak menikah, mereka akan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Pasangan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat tidak masuk akal. Karenanya St. Valentine menolak untuk melaksanakannya.

St. Valentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang tengah jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini akhirnya diketahui oleh kaisar yang segera memberinya peringatan, namun ia tidak menggubris dan tetap memberkati pernikahan dalam sebuah kapel kecil yang hanya diterangi cahaya lilin.

Sampai pada suatu malam, ia tertangkap basah memberkati salah satu pasangan. Pasangan tersebut berhasil melarikan diri, namun malang St. Valentine tertangkap. Ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St. Valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga dan pesan berisi dukungan di jendela penjara dimana dia ditahan.

Salah satu dari orang-orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Sang ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St. Valentine. Tak jarang mereka berbicara lama sekali. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta. Ia setuju bahwa St. Valentine telah melakukan hal yang benar alias benul eh betul.

Pada hari saat ia dipenggal alias dipancung kepalanya, yakni tanggal 14 Februari gak tahu tahun berapa, St. Valentine menyempatkan diri menuliskan sebuah pesan untuk gadis putri sipir penjara tadi, ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu.

Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Kini setiap tanggal 14 Februari orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Orang-orang yang merayakan hari itu mengingat St. Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai seseorang yang berusaha mengenyahkan cinta.

Kesimpulan:

Dari semua asal usul atau sejarah diatas bisa disimpulkan bahwa "hari valentin memiliki latar belakang yang tidak jelas sama-sekali", baik dari ceritanya maupun waktu terjadinya (perhatikan abad terjadinya sejarah diatas walaupun ada nama tokoh yang sama). Gimana menurut Anda?

Artikel di atas yang berjudul "Sejarah Hari Valentine - Mitos Valentine Day - Asal Muasal Hari Valentine" dikutip dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.

Related posts :


187 comments:

Anonymous said...

:) .............

Astaga.com Lifestyle On The Net on 6/2/10 11:35 said...

benarkah sejarah valentine day itu? :D

Anonymous said...

benernye hari valentine atw valentine's day tu ga ada lo semua d bo'ongin ma org2 roma. =))

Anonymous said...

Setuju. Emang valentine g ada sejarahnya..
So, buat apa merayakan atw mengikuti perayaan yang g jelas asal usulnya..:)

Anonymous said...

stujuuuuuuu

Anonymous said...

hmmmmmmmmmmmmmm ................

stuju zha degh .............

Anonymous said...

aku setuju inyan ye, soalnye, dalam agama pun sian yang ngenjurkan untuk valentinan, bagi yeng beragam islam saya peringatkan jangan mengikuti itu, jodoh ada di tanggan Alloh, maka carilah jodohmu sesiau dengan apa yang diridoi oleh Alloh SWT.

ahlikitab on 30/7/10 22:00 said...

Teman2..
Budaya Valentine tuh nggak termasuk budaya agama Kristen baik Protestan,Katolik n Ortodoks.Melainkan suatu budaya dari luar Gereja..
Jadi yang berhubungan dengan Barat belum tentu berhubungan dengan agama Kristen.
INGAT! Bahwa sekarang ini mayoritas orang Barat sudah menganut Atheisme,,bukan Kekristenan lagi.
Disana agama sudah tidak berperan terlalu penting.
Sedangkan filsafat disana semakin maju.



Terlebih itu,,baik agama Nasrani yang ada di Yerusalem,Lebanon,Syiria,Rusia dan agama2 Nasrani dari non-Barat.TIDAK PERNAH mengadakan acara2 Valentine seperti itu.
Terbukti BAHWA agama Nasrani TIDAK pernah memiliki KALENDER RELIGIUS untuk VALENTINE!!!.

Memang sejarahnya Valentine dicetuskan oleh orang yang juga berasal dari agama Nasrani oleh Santo Valentinus untuk meluruskan dan membersihkan pengaruh gelap budaya yang SEBETULNYA,,TAPI SEJARAH SEBENARNYA SEBELUM JAUH ADANYA AGAMA NASRANI BAHWA
VALENTINE SEBELUMNYA TELAH DISELENGGARAKAN UNTUK AGAMA2 PAGAN DENGAN MERITUALKAN DARAH PERAWAN..

JADIII!!!!
VALENTINE ITU BUKAN NASRANI DAN VALENTINE ITU MURNI BUDAYA BARAT TANPA CAMPUR URUSAN AGAMA NASRANI.

PAUS(GEREJA KATOLIK) dan GEREJA PROTESTAN SERTA GEREJA ORTODOKS melarang penggunaan hari2 selain hari2 keagamaan di agama Nasrani.
JADI TIDAK PERNAH orang NASRANI merayakan VALENTINE DI GEREJA,dan GEREJA MELARANG PERAYAAN DI DALAM GEREJA,,karena itu merupakan BUDAYA PENGARUH BARAT.

SO jngan SOK TAHU DULU…
CARI ILMU,BARU BERPENDAPAT!!!

Anonymous said...

EHMM BUAT TMEN2KU MUSLIM,,,
MENGAPA HARI RAYA IDUL FITRI SELALU DIWARNAI MAAF-MEMAAFKAN,,???
BUKANNYA HARI MAAF-MEMAAFKAN SETIAP HARI SELALU BISA DISELENGGARAKAN,,??

JADI KALIAN MEMAAFKANNYA PADA SAAT IDUL FITRI YAH??
KACIAN BNGET HRUS MAAF2AN NUNGGU LEBARAN.

KLO AKU SIH SETIAP HARI SELALU MEMAAFKAN ORANG ,, TERMASUK BUAT ORANG YG MEMBUAT POSTINGAN INI..
THX DEHH

CARI ILMU SEBENAR2NYA,,LALU BERPENDAPATLAHH!!!!!!!!!

pedagang asongan online on 2/8/10 10:09 said...

Ikut komentar ahh..

Setahu gw, Hari Valentine di Indonesia dipake buat kepentingan bisnis..
Yang gencar promosi-in perayaan valentine kan biasanya Infotaiment Media cetak ataupun TV (buat promosiin artis + product), Mall-mall (promosi-in dagangan) dan hal2 lain yang berhubungan dengan barang konsumtif.

kiki said...

menurut q, valentine itu adlh hari yg biasanya plng d tunggu2 umat kristiani dan umat katolik, tapi ada juga umat selain kristiani dan katolik yang ikut juga merayakannya. Misalnya untuk sang kekasih atau biasanya disebut dengan istilah pacar.

mag said...

halah repot amat sih tuk hal hal yang baik mengapa kita mesti mempersoalkan asal usul aja ,,,,,, kasih sayang adalah hal yang baik , mengungkapkan kasih sayang adalah hal2 yang baik mengapa sih harus munafik tuk hal2 yang baik? tuh namanya kasih polesan , pamrih aja yang jelas sih semua hal yang baik berasal dari roh yang baik tuk kedamaian sesama apapun bentuknya pen

citey on 26/10/10 11:43 said...

valentine tu emg gk jlas.............
asl usl na gk jlas, agma pa yg mrykan na jg gk jls..........
jd bgi yg muslim, hri ksh syg tu tiap hri, jdi tiap hri blh brksh syg, gk prlu nunggu valentin yg gk jls tu

citey on 26/10/10 11:43 said...

ngpai qt ikut2 mryakan vlenti yg gk jls asl usl na...............

hafisalrafi on 5/1/11 17:22 said...

thanks infonya.....saya titip link ya...mngkn link ini juga berkaitan dg sejarah valentine day:
http://hafisalrafi.wordpress.com/2011/01/05/sejarah-valentine-day-dan-sikap-remaja-muslim/

Anonymous said...

betul banget emang gak jelas so gak usah terlalu heboh buat ngerayainnya. :-t

Nez.Aitsena on 14/1/11 20:46 said...

Woy, mikir dulu baru ngomong, jangan ngomong dulu baru mikir.
tolong yah, jangan sekali2 menyeret or mengkait2kan agama dengan persoalan valentine.
rempong bener sih, mo ngerayain silahkan, gak juga gapapa.
mending urusin diri sendiri deh daripada ngomongin hal2 lain yg ujung2nya mencela.

rezhainee on 17/1/11 13:41 said...

buat author izin copas yah......:)

Anonymous said...

Seperti hal biasanya yang sering kita dengar ... Valentine itu adalah hari kasih sayang ... dimana kasih sayang tu bukan hanya untuk di tunjukkan pada kekasih .. semua orang bisa ngerayaaiinya ..., kasih sayang dapat ditunjukkan kepada papa, mama, adik , abang , kakak dan saudara lainnya .. kayaknya untuk masalah agama ... gak usah di bahas deh ... iya deh kasih sayang bisa di tunjukkan tiap hari , tapi itusih gak semua orang bisa ..
tapi apa salahnya kita juga ikut rayaain valentine .. untuk sebagai hari spesial .. kita bisa tunjukin rasa sayang kita.. seperti memberi hadiah, coklat bunga .. pada orang lain dengan hari valentine itu ... belum tentu ... setiap orang bisa memberi hadiah seperti bunga, coklat , kado spesial setiap hari ...

makanya gak usah ribet lah .. sola valentine .. tergantung dengan cara kita .. bagaimana memahami arti valentine .. ^__^

Anonymous said...

ya....ya...bener banget klo hrie valentine itu KAGAK JELAS!!!!!!!!
;)

Anonymous said...

Udah ya gak usah ribut22, soal valentine day, malah nambah dosa lho......, anggap aja itu budaya barat yang gak sesuai dengan budaya kita, jadi gak usah dicampur adukkan masalah agama dengan masalah budaya, ntar ribet jadinya dan akhirnya sesema kita terjadi slah paham, dan bagi teman-teman terutama yang remaja, sebaiknya sebelum kita memperingati, merayakan atau apalah namanya,sesuatu itu, sebaiknya kita pelajari dulu dan pahami baru kita putuskan, jadi jangan asal ikut-ikutan sesuatu yang kita gak tau asal-usulnya, gitu aja semoga bermanfaat dan diantara kita gak ada lagi yang saling menjelekkan.

Geo site on 31/1/11 20:37 said...

@Anonim:maaf ya.umat muslim bukannya hanya memaafkan ketika hari idul fitri.tetapi setiap ada yng bermasalah harus saling memaafkan.:-Lkrna hari idul fitri hari yang suci makanya harus saling memafkan.
CARI ILMU DULU BARU BERPENDAPAT.....
siiippp...:)

Anonymous said...

Aneh,,,,, komentarnya disini orang kristen koq ky merasa tersinggung bgt,, jgn2.. malu ya..??? ;;) ;;) ;;) ;;)

day said...

sibb mantap,hatur nuhun infona....pestanya bubarrrrrrrrrr

GEO GIFAJ....... on 2/2/11 21:20 said...

Anonim@maksud anda apa ya??

GEO GIFAJ....... on 2/2/11 21:23 said...

eh tlng donk folow my blog.n tolong baca artikel saya.mudah2an bermanfaat :
http://geo-kristologizone.blogspot.com/ ;;)

Anonymous said...

valentine cuma budaya orang barat. propaganda mereka untuk merusak aqidah kaum muslim nggak akan pernah berhenti...!!

valentino said...

=)) thank santo Valentino karena hari valentin mu bikin aku bisa makan, kue2 aq laku, bunga2 aku laku keras, dan buat yang nggk seneng nggk usah sinis dech, kita diuntungkan kog dengan hari valentine.. seperti temanya berbagi kasih sayang :))

Anonymous said...

kenapa kalau ada org mengasihi.......setan berusaha mengadu domba ????? terserah kamu pilah mengasihi atau bermusuhan Tuhan Maha Adil

CaNt said...

Valetine TuU....
Sbnrnya mnk gax terllu pEnTinG......

cKp DnGn MnGcApKn KtA2 yG LbH MnYnNgKn MuNgKIn DaGh CkP.....

gX PrLu HrZ RpT KsNa kSnEe KhN.....

Anonymous said...

menurut gue,. hari valentine emg ga jelas, tapi masih bisa diambil sisi positifnya kok,. di mana hari ntu identik dengan kasih sayang,. trus,. emang ada yg salah dgn hari kasih sayang itu?? setidaknya bisa mengingatkan kita untuk tetap setia dan menyayangi pasangan kita,. Aneh degh rasanya, kok hanya karena pantes or haramnya hari valentine, kita jd bertengkar ga jelas, bahkan sampe mencela agama lain,. setidaknya hari itu bukan hari di mana org jadi penuh dengan dosa,. Gak ada yg salah dgn cinta dan kasih sayang, selama itu masih sesuai dengan keinginan Allah,.

verobamania jackson on 7/2/11 17:39 said...

kita ini negara yang satu, bersatu karena pancasila, mau umat nasrani atau muslim, mari kita saling mencintai satu sama lain, saya mencintai muhammad dan yesus, saya menghormati keduanya, mari tumbuhkan cinta, jangan cekcok seperti ini. trims :(

na~ntuu sill said...

ahlikitab saya setuju dengan anda..
ini artikel yg bagus.. like this

Angga said...

HALAH.... Gak usah dibahas terlalu dalam... sudah jelas Valentine itu bukan budaya Indonesia.. gak perlu dirayakan. Kalau memang ingin menyatakan Cina Kasih Sayang kepada seseorang sih gak perlu nunggu Valentine... Kapan aja juga bisa... repot amat sih nunggu2 valentine...
:D :D :D

Anonymous said...

sinar manalu: dimana kasih di taburkan
di situ ada Allah sebab Allah adalah kasih.

jdi jngan berantem lg, qta smua bersaudara, klw mw merayakan valentine silahkan, klw tdak mw merayakan valentine jg ga pa pa, krna valentine itu sndiri gk prnah mnta di rayain jd knpa hrus ribet tohh....

hdup lah di dalam kasih....

Anonymous said...

Betul...betul...betul.

Qt hanya bodoh"in sama org barat saja.
padahal kan hari valentine gk ad sejarahnya.Coz ngpain qt ikut" menyambutnya.Maulid nabi sama isrha miraj za qt gk prnah ngryain a yg jls" ud sejarahnya.Saya sebagai org islam sngt malu dgn sikap sodara" qt.....:-L

Agri Thael on 9/2/11 18:24 said...

:x
Cintaku yang rapuhh !!!!!!!!! di hari Valentine

Anonymous said...

hmm...se7 bgtbgt...... :))

setia on 10/2/11 10:05 said...

yaah..... valentine emank gak jelas....... mitos yg bxk di percayai kaum muda...tp ambil sisi positifnya aja..cntohnhya... "bisnis" haha :D

Anonymous said...

hari valentine itu... diperingati agar dunia tidak bosan aja......

coba kalua hari senin,selasa, rabu, kamis,jum`at,sabtu, dan minggu dirayain .... giman jadinya................... hahahahahhaha...............


yang penting saling menjaga aja.......................... ;)

Anonymous said...

Valentine mang bkan trdsi rkyat Ind,so kya'ny lbih baik klo kta ga sah ngrayain Valentine....

Anonymous said...

Jangan percaya atau tidak percayanya qt itu di landaskan pada suka atau tidaknya qt karena qt bukan pada aliran yg sama tapi baiknya qt mengambil apa yg Baik dari sebuah Cerita tersebut, kl qt mencemoohkan cerita atau sejarah diatas maka bisa disimpulkan bahwa aliran itu tidak pernah mengajarkan Cinta kepada sesama....
n the Last, dalam berucap atau menyampaikan sebuah pandangan baiklah qt mempunyai dasar yg jelas agar qt tidak di anggap cuman asal bicara...
THX...

Anonymous said...

YA ORANG YG TIDAK MEMILIKI KASIH SAYANG SAMA DENGAN MATI (RAGANYA HIDUP TAPI JIWANYA MATI)JADI JANGANLAH MENJADI ORANG YANG MUNAFIK!.

Anonymous said...

tidak perlu asal usul ,Valentine bukan perayaan suatu agama tertentu. Tetapi kita bisa ambil hikmah di sini ,bahwa Hukum yg terbesar adalah KASIH ,setiap orang membutuhkan kasih,baik tua,muda,anak2, Perlu dipertanyakan kalau diantara anda ada yg menolak kasih. Kalau anda menolak kasih,saya sarankan untuk berkonsultasi dengan Psikolog.

Anonymous said...

berapa bnyak perawan yg jebol pada valentine taun ni..buat ce2 muslim, jgn terlalu mengagung-agungkan budaya yg ngga jlas dan bertentangn sma islam..buat co2 muslim,jgn jadiin valentine ni ajang tuk bermaksiat, berzina, yg kan merugikan nama baik islam..Allahu a'lam..

Anonymous said...

sebagai umat manusia yang beragama,bertanah air satu,berbangsa satu...
jgn jadikan ini sbgai ajang adu Agama...
definisi hari valentine khan hari kasih sayang,,jadi yang mau ngrayain ya tak apa n yang gak rayain juga menghargai donk.....
jgn menyangkut pautkan dgn penemu or agama dunk,,
klu gini aja ribut,,,mau jadi apa Bangsa ini ?????

thx....

anton said...

loh loh...maaf sbelumnya,,,,
tidak usah trlalu diprdebatkan sejarah hari valentine atau asal valentine itu,,,
bersyukurlah dengan hari itu...kita bisa menikmati dan mengungkapkan rasa kasih sayang kita...itu simbol kedamainan,,,
jadi makna valentine lbh pnting kita renungkan daripada memikiran asal atau arti valentine tu,,:)

Anonymous said...

yang penting jangan sampe kita lupa dengan tuhan kita jangan timbul musrik, yang mau seneng2 boleh tp inget ada batasannya ya... so met valentine :D :D :D :D :D

Anonymous said...

apa ada yg paksa loe ngeraya'in valentine? klo km tdk mau ngeraya'in,ya sdh.tdk prl kasi komentar yg menjurus ke SARA bos.....

Anonymous said...

mohon yg merasa warga negara indonesia , tolong dipahami kembali makna pancasila dan bhineka tunggal ika .
ini adalah sebuah budaya , tolong jgn menghubungkan dgn agama .
akibatnya bisa mencela satu sama lain , nanti yg terjadi seperti di televisi2 sekarang , indonesia sedang tercoreng pancasilanya .
:)

Anonymous said...

Ya ampuuun, aku bingung kenapa banyak banget yang terbodohi -,-' oleh V-day,, asal-usulnya aja gak jelas kan?? :-/

Anonymous said...

prmaslahan cinta emang sangat bwerat
~x(

hafisalrafi on 12/2/11 13:56 said...

mksh infonya kang.....tp kunjungi jg blog saya mngkn berhubungan dg sejarah valentine day http://hafisalrafi.wordpress.com/2011/01/05/sejarah-valentine-day-dan-sikap-remaja-muslim/

Anonymous said...

Setahu gw, Hari Valentine di Indonesia dipake buat kepentingan bisnis..
Yang gencar promosi-in perayaan valentine kan biasanya Infotaiment Media cetak ataupun TV (buat promosiin artis + product), Mall-mall (promosi-in dagangan) dan hal2 lain yang berhubungan dengan barang konsumtif.


ane setuju ma ini gan
jangn sangkut pauti ma agama deh
kasian agamanya

Anonymous said...

Derita Cinta memang tiada akhir,... ~x(

arya changcuts on 13/2/11 09:21 said...

saya gak suka valentine2an lah....teu ngarti maslah kitu2an...pokokna mah...aink geuleh ka hari valentine....

aldo on 13/2/11 09:51 said...

setau w valentine hari ngungkapin perasaan kita ? :D

Anonymous said...

mengapa hari valentine yang asal usulnya gak jelas harus dipermasalahakan???? sebenarnya kan maknanya jelas yaitu '' memberikan kasih sayang'' apa salahnya dari hal itu?????
orang2 itu aneh,,, sesuatu yang baik malah dipermasalahkan,,,
malah bagus kan ada satu hari dari 365 hari yang mengingatkan manusia harus saling menyayangi.....

Berita Terbaru on 13/2/11 15:24 said...

aku gak ngrayain sih..ga tau sih manfaatnya buat aku..

thassya said...

bingung

Anonymous said...

Pada kenyataannya banyak orang di seluruh dunia merayakannya. Dilihat aja dari positipnya :D

Anonymous said...

menurutq, sejarah valentine itu ada. saint. vlentino jga bneran ada koq. dlm gereja katolik, dia diangkat menjadi santo krna keberaniannya utk mempertemukan para tentara dgn keluarganya srta menikahkan org2 walaupun dilarang pemerintah roma.
tpi, valentine itu ngga dikaitkan sama sekali dgn agama kristen. valentine tuh ada krna semua org zaman dlu tuh wktu mncetuskan adanya hari kasih sayang, mrka ingat sma saint. valentino yg jasanya erat dgn CINTA. jdi mrka mutusin bwadh mnggunakan namanya sbgi simbol hri ksih syg.
jdi, wlaupun saint valentino bkn agama kristen, mrka pasti bkal make nama dy jg. krna yg mrka ingat tuh JASAnya bukan AGAMAnya.
so, bwadh tmn2 tlong jgn bawa2 agama donk.
org yg memposting ini kan cmn mw ngsih info. ngga ush klian sewot n marah.

trus, bwadh yg agama muslim, aq twu agama kalian mengharamkan valentine tnpa alasan yg jlas..tpi, kyknya pemahaman qlian keliru deh.
masa valentine = ajang mencari pasangan?
itu tuh opini terbego. bwadh mngasihi org, ngga cmn pasangan hidup kan. kluarga n tmn2 jg hrus dikasihi, n biasanya qlo valentine disimbolkan dgn cokelat (sbgi pertanda qlo mngashi tuh MANIS rasanya).
qlo klian ngiri ama qt2 yg bza sling brbgi cokelat di valentine, blg ajah yg jujur. ngga ush bacot2an pke alasan bwa2 nama TUHAN.

met valentine smuanya...:-* :X

Dion on 13/2/11 22:20 said...

Emang susah ngurusin Indonesia...apa2 mesti jadi SARA...VALENTINE? Gitu aja kok repot (kata Gus Dur), Lanjutkan! (Kata SBY), Lebih cepat lebih baik (Kata JK)...jadi kembalikan semuanya ke pribadi masing2.

Anonymous said...

gini..saya mau jelasin hari kasih sayang gk harus di tetapkan tanggal dan waktunya..setiap saat bisa mengungkapkan kasih sayang..semua benar..cuman gk harus di tandai dengan nama seperti valentine.. yang jadi ermasalahannya kenapa valentine?? kenapa gk yang lain.. kenapa cuman tanggl 14-02 doank?? nahh itu kan membuat hari itu begitu special tpi itu bisa di rayakan kapanpun kamu mau..so gk musti nunggu atau ngerayain valentine donk...

Anonymous said...

hahahahahahaahahah.............hah!!!!!!!!!!lucunya negri ini!!!!!!!!!

Anonymous said...

mau ngungkapin rasa sayang aja harus ada hari khusus..
malang sekali manusia2 ini..

TRIAD said...

bagi yg ngerayain valentine days,,,selamat bersenang-senang smoga selalu disayangi dan selalu menyayangi,,,,
bagi yg merasa hari valentine gak ada maknanya,,,yah udah....urusan loe

andy assyuban on 14/2/11 01:49 said...

hari gini percaya Valentine....caphe dweeehhh

lx on 14/2/11 02:25 said...

hahaha.....apa salahnya ad 1 moment dimana kita ingat kembali tentang kasih sayang yang udah mulai banyak d lupain umat2 antar agama n suku d indonesia.... yg saling bunuh karna perbedaan... kita jangan liat sisi negativ dari val-day ato asal usulnya dr agama ato bangsa mana... liatlah dr sisi positifnya... cinta n kasih sayang bukan hanya milik 1 agama ato 1 suku aja kan.... cinta n kasih sayang milik kita semua....
klo masalah banyak perawan yg jeboll,tu ga nyambung banget... tu masalah iman masing2... cinta kasih bukan cuma utk sepasang kekasih aj kok,bs jg utk suami - istri,anak ortu,adik,kakek nenek,cicit buyut dll... n yg ter penting kasih sayang antar umat beragama dan antar suku... harusnya dengan berbagai perbedaan kita bs jalan berdampingan membangun indonesia,..... bkannya rusuh karna perbedaan pendapat ato keyakinan....ga malu di liatin negara lain kita selalu rusuh..... hidup indonesiaku...

norman on 14/2/11 06:47 said...

merayakan sesuatu yang dak jelas asal usulnya? :-/

Anonymous said...

menurut aku, sejarah yg ke-4 itu yg betul..:)

bumi on 14/2/11 10:08 said...

anonim @ tlong jngan sangkut paut kan idul fitri sama valentine. kami orng muslim punya pengertian sendiri tntang maaf memaafkan d hari idul fitri. jdi jngan sok tau. b-L
belajar lebih jauh tntang islam bru koment.

Anonymous said...

=)) =)) =))
ngak usah dibikin pusing.... nyate aja sob...
lakum dinukum walyadiennnn.
=)) =)) =))

Anonymous said...

udah tw valentine g jelas...
ngapain d ributin???

bodohny gara2 hal g jelas,bawa2 perbedaan agama,jd ribut deh...
check ja d agama masing2...
tertuliskah valentine d kitab agama masing2???

Try to respect each others;)

pissss yooo

Valentine Sucks on 14/2/11 11:52 said...

=)) oalah agus agus ... mau ngerayain kek mau enggak kek itu urusan pribadi bagi yang muslim kalian sudah bisa berpikir karena kalian telah dewasa mana yang tidak baik mana yang baik..

Jadi kesimpulanya semua sudah ada dari jalan cerita yang tidak ada yang tepat alias yang bikin sejarah valent*** itu bingung :D.

Sebaiknya kita ungkapkan kasih sayang ini kepada Allah semata yang telah memberi kita nikmat dan hidup dan sayangilah saudaramu dan orang-orang disekelilingmu.

Anonymous said...

valentine budaya orang barbar......primitive.
kasih syng itu setiap saat.klo bener sanyang si.....

semaugue said...

dari dulu banyak kok orang yang tau klo valentine itu emg gak jelas
but what? sampe skrg budaya itu masih hidup kan?

banyak orang yang bilang g percaya ma hari valentine
tapi kenyataanya? banyak yang merayakannya
coklat yang dijual di toko2 juga masih banyak peminatnya

buat yang gak suka, ya itu urusan lo
yang penting orang yang percaya juga gak ngrugiin lo

Anonymous said...

ya ampun...bangsa ini gampang banget diadu domba ya...cuma masalah yang sejarahnya ngga jelas aja bikin debat panjang lebar kayak gini...untung aja yang debat ngga saling ketemu, klo ktemu mungkin dah saling hina, saling caci, n adu jotos kayak yang di tv.
yuk kita semua belajar lagi...oke fren

Anonymous said...

:)) Valentine adalah hari yang tidak jelas asal usulnya, ngapain dirayain ya Kan? sesuatu yang tidak jelas ngapain di rayain? sama hal nya kamu punya pacar yang ga jelas, mau apa ndak? ayo....pertimbangkankalah dengan akal sehatmu.....
dalam islam kasih sayang itu setiap hari, ndak ada hari-hari tertntu...
jadi bagi orang islam jangan merayakan valentine ..ok!

Soouvenir Pernikahan on 14/2/11 12:55 said...

Yang setuju Valentine biarlah dan yang ga setuju yu udah diam. Ga usah bawa agama masing-masing. Kalo ga boleh ngrayain ya udah ga usah njelekin yang lain.Buntutnya cari-cari yang salah dan kejelekan, masih kurang puas puas berantem. Intinya kasih sayang boleh ko dirayain tiap hari....

Anonymous said...

ehmm.ikutan ahh...yaudah ambil positifnya aja ga perlu sampai qta bermusuhan cuma gara2 masalah ini...bagi yg mau ngerayain ga ada salahnya qo..toh hari kasih sayang bsa qta rayain kapan aja..ga mesti kasih hadiah yang penting kan kasih sayang yg di berikanhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/8.gif

Anonymous said...

mang valentine tu ga da gunanya islam uga me lrg tuk merayakan hri valentine

Anonymous said...

valentine??? cape deeeeeh....

Anonymous said...

Setidaknya kan hari Valentine bertujuan baik..
bukan bertujuan buruk..
Hari kasih sayang, saling menyayangi..
emang saling menyayangi dan berbagi kasih itu buruk ya???

Anonymous said...

qakh mendingan raya in hari nabi muhammad saw dari pada valenitine by turunan abu bakar baasyir
para wali songo 9

Anonymous said...

hahhaha

ribet amet dah !!!

intinya kembali pada pribadi masing-masing......

:)

Anonymous said...

Valentine itu gak ada hubungan nya dengan Agama,,,,,

Anonymous said...

valentine.....
hari eang gagh jelas untux d ryakan styap org...
krn asal usul'a ajha gagh jelas dr mana dan bgaimana...
aQ setuju dng komentar" eang telah tertera d blok ini..

karena hari kasih sayang t sllu kita rayakan setiap hari dan styap saat...;)
dmn pun dan kpan pun qt sllu mMliki hari kasih syng trsbut kpd org eang kita syng....;)

Nonhakecill said...

kalau hal ini hanya menimbulkan pertentangan di antara sesama makhluk Tuhan, sebaikx "valentine's day" secara kompak di hilangkan dr fkiran ...
simpan di benak sbagai salah satu ilmu ajaran betapa penting dan berhargax sebuah pengorbanan...

jgn malah di jadikan unjuk salah2an dan tuduh2an ;)

roholl said...

ude g ade valentine skarang mah.....yg ade fucklentine.....hehehe....!!!!

Anonymous said...

Ungkapkan kasihmu kepada setiap orang seperti kepada diri sendiri.

Anonymous said...

MET hari kasih yah... lakukan dan perbuat apa yang TUHAN perbuat oleh kamu...ga usah menghakimi orang kalo tidak mau di hakimi..inikan cuma moment.. :)

Anonymous said...

utk tmn2ku baik yg muslim maupun non muslim, kita smw sodara krn kita bhineka tunggal ika, buat apa kita saling mencela hnya krn hal yg gk jelas, utk hal maaf memaafkan itu gk hanya ktika Hari Raya Idul Fitri saja, saling memaafkan dan saling menyayangi bsa dilakukan kpn sja krn Islam merupakan agama yg rohmatan Lil'alamin ( agama yg penuh kasih sayang )
terima kasih... :)

Anonymous said...

hari kasih sayang selalu akan terjadi bukan tgl 14 februari aja ..
aneh yang buat..

calon pendeta said...

dari semuanya yg berkomentar tidak ada yg lebih baik. sama buruk nya, sama baik nya (kalau bisa dikatakan demikian). Ingat lah bagi saudara-saudariku umat Kristiani akan ajaran Yesus Kristus,,, Jika ada yg menghina agama kita ga usah panik, anda harus memaafkan, jgn membalas nya. Tuhan itu tidak perlu dibela oleh manusia, karena Dia Mahakuasa. Salam kasih buat saudara-saudariku semua sesama makhluk ciptaan TUHAN.

Anonymous said...

keep on your faith...tetap beriman dan enjalankan ajran agma yg anda anut..

uniq on 14/2/11 19:18 said...

numpang mampir n ngopi yachhhh......

Anonymous said...

ambil posotif nya aja laah.. buat apa memperdebatkan hal yg jelas2 baik. emank kasih sayang itu hal yg buruk yach?? sehingga harus di perdebatkan???? kita ini memank berbeda satu sama lain.. tapi bukan perbedaan itu yang menjadi alasan tuk saling mencela...

thx...

dicky8855 on 14/2/11 19:56 said...

bagi umat kristiani,,, hari raya idul fitri bukan untuk memaafkan saja,, karena hari itu adalah hari suci umat islam dmna dosa2 qta diampuni setelah menjalankan ibadah puasa 1 bulan penuh dan hari itu diajurkan untuk bermaafan karena disa qta sesama musim baik yg bermusuhan atau tidak akan dimaafkan,,, selebihnya itu hari raya idul fitri bukan hari bermaafan... tpy hari yg suci jangan sok tau umat kristiani yg menyembah patung nabi isa karena nabi isa juga makhluk allah,,,

Anonymous said...

cuma mau mau mengingatkan, marilah kita kurangi komentar atau kritisem dalam masyarakat kita, karena "komentar dan pendapat" mohon digaris bawahi = kompor kalo yang mencerna dan yang mendengar adalah masyarakat maaf yang kurang begitu tau. jadinya seperti yang anda lihat sekarang, pembawa acara tv dan infotement bukan lagi menbawakan acara berita tapi jajak pendapat yang suka menyulut kompor.
jadi kita baik aja sama semua dan kalo ada masalah diselesaikan dengan apapun itu gak usah cuap-cuap, toh kelebihan biar g diungkap juga banyak yang tau kan, sama halnya kebusukan.

Anonymous said...

blogwalking.... met valentine ya =))

sisi said...

Valentine boleh aza dirayakan,,, krn di hari valentine kita harus berbagikasih sayang dgn smua orang stiap hari,,, dan dalam perayaan itu,,, nama Tuhan harus dipermuliakan .. Amen... Youthers GPdI

Anonymous said...

FuCk valentine lah,.kta ni cm di goblok2in j sm org2 barat,.ngikutin tren j tp gtw sjrh'y ky bgm,w mah najis ma valentine,.bkn krn sentiment atw ap tp krn w emg tw gjls asl-usl'y cm jd media bwt "Nafsu j" w g munafik tp w g mw jd orng yg Pathetic! think Logic don't sarastic! Fuck valentine go to hell!!

fathur rahman full on 14/2/11 21:07 said...

Ikutan comment yah :D

Hahahahaiiii :D
heheiiii ....
Valentine itu gk penting tau gk sih kalian semua :)
Udah,sekarang itu fikirkan Kedepannya untuk dirik sendiri di akhirat nanti,,bencana udah banyk tuh :D
Bisa saja Sang Khaliq berbuat lebih dahsyat lagi !!

hahahahahha :D

Steven Lavinske on 14/2/11 21:10 said...

valentine tuh sebenernya sejarahnya yang bener yang mana seh????
:-L :-/

Anonymous said...

BODO ah hari valentine!!! please deh ga usah pake nyindir agama ISLAM... ga usah pake bandingin agama... sakit hati bgt Islam dikatain saling memaafkan kalo lebaran doang! x( ngajak ribut kali yeeee... x(

Anonymous said...

pencetus valentine memang dari umat nasrani, tpi itu bkan hri rya gereja....,
pertanyaan saya : 1. apakah anda memang tdk mau merayakan hari valentine karena tdk tahu asal usul (sedangkan diatas tertulis dengan jelas sejarah terciptanya hari valentine), atw iri sma orang yg mencetuskannya......? 2. bagaimana kalau pencetusnya orang arab dan beragama muslim, bagaimana pendapat anda....? 3. pake logika anda, apa sisi buruk dari hari valentine.....?

peace to all

Anonymous said...

valentine thu sebenernya adalah hri dmna qta bs mengungkapkan kasih sayang qta lbih dlm...:DD

Anonymous said...

jiah, ane ga mntingin pa asal-usulnya, yg pnting boneka, coklat n bunga ane laku kras....

Anonymous said...

valentin tai...!!! orang mati aja di pringatin

Anonymous said...

stujuuuu ..
valentine itu sbenarx mmg g ada !!;;) ;))

bilaamiim said...

jk memang sejarah valentine di atas benar, maka bg sy pribadi yg menonjol jstru bkn cerita tentang kasih dan sayang melainkan cerita keberanian seseorang melakukan perlawanan kepada rezim yg menindas hak² kemanusiaan, maka mgkn akan lebih tepat jk saudara² merayakan hari valentine dgn melakukan aksi² perlawanan trhdp kebijakan² negara yg menindas rakyat, mgkn bgtu. . .

DESKA on 15/2/11 13:26 said...

POSITIF THINKING AJA BRO

aa said...

Permisi agan2 semuanya...... Maaf sebelumnya jika ada kata2 yang TIDAK layak.
Saya yakin agan2 semua adalah orang2 yang beriman pada TUHAN (sesuai kepercayaan masing2 ya...). Kan dalam KITAP SUCI kalian sudah jelas untuk SEGERA TINGGALKAN budaya yang tidak di ajarkan dalam KITAP SUCI. Jika alasanya cuma budaya,, kan lebih baik jika mengikuti budaya yang sudah di ajarkan dalam agama agan masing2, setau saya jika kita mengikuti budaya yang tidak diajarkan dalam agama berarti kita sudah tersesat lho.. Jika alasanya cuma ngungkapin perasaan, mending waktu hari Ibu, beliau JAUH LEBIH LAYAK jika dibandingkan pacar, itu menurut saya lho ya....
Semoga bermanfaat

Anonymous said...

valentine itu hari yang menyebalkan dismua hari lah poxoxnya..........http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif

Anonymous said...

:))

apa lh gak nyambung

:D

barruu on 16/2/11 03:41 said...

valentine itu valen dan tine. .... bukan apa-apa.

AHMAD FARID said...

KLO YANG NAMANYA KASIH SAYANG ITU G DITENTUKAN TANGGAL DAN BULANNYA....KAPAN AJA TIAP HARI DIANJURKAN KITA BERKASIH SAYANG...
MASAK KASIH SAYANG 1 TAHUN SEKALI.....PAYYYAAAHHHHHHH

hamba alloh said...

bagi kami umat muslim yg cinta kpd alloh mk cinta kpd rosul`y, dan jika cinta kpd rosul`y mk akan sll berusaha mengikuti (sunah`y) perbuatan dan ucapan`y, "KAMI MENDENGAR MAKA KAMI LAKSANAKAN" tampa perlu berpikir krn rosul di (maksum) dijamin kebenaranya,maka ketika rosul melarang kita mengikuti apa2 yg dilakukan mereka (non muslim) yg jelas tidak pernah d contohkan rosul dan tidak tersirat dalam AL-QUR`AN kitab alloh seperti hal`y VALENTINE maka kami dengar dan kami laksanakan tanpa perlu berpikir dengan/dari sudut pandang manapun karena sudah jelas alloh dan rosul`y lebih tahu..
jd boat lo yg mengaku seorang muslim,dan msh merasa tidak berdosa merayakan hari VALENTINE dengan berbagai alasan,apakah yakin alasan alasan itu akan mampu menyelamatkan kalian di hadapan alloh kelak padahal kalian tahu kalian sudah berselisih dengan rosul alloh dan barang siapa yang berselisih dengan aku (kata rosululloh) maka NERAKA tempat kalian kelak.

hamba alloh said...

1. boat yang di atas lo bener berilmu dulu baru berpendapat...
2. sejarah di atas memang menjadi dasar muncul`y hari VALENTINE dan jg kalo aktor2 dari cerita d atas adalah umat nasrani,jadi mau tidak mau jika membahas VALENTINE agama nasrani akan ikut terkait.
3. masalah GEREJA melarang atau justru merayakan hari tersebut kami tidak peduli yang kami peduli adalah sodara seiman kami yang senang meniru2 budaya luar yang jelas tdk d contohkan rosul..
4. kalo memang sebenar`y nasrani tidak ada kaitan`y dengan VALENTINE maka seperti kata lo JGN SO TAHU.. BERILMU DULU BARU KOMENTAR so lu cari tau kebenaran sejarah d atas klo pakta itu adanya ngapain lo tersinggung..
5. boat yg bilang kl umat MUSLIM hanya saling memaafkan di hari IDUL FITRI maka kata2 sodara lo yg JGN SO TAHU.. BERILMU DULU BARU KOMENTAR pantas boat lo...!

Anonymous said...

memperingati ko' hal yg g jls,krg krjaan bgt ;)

Anonymous said...

merayakan ko' hal yg g jls gt,krg krjaan bgt sich...

Annisah Satibi on 17/2/11 17:16 said...

yg mau ngeraya'in ya ngeraya'in aja,,
kalo ga ya ga,,
ga usah d ambil pusing .. :))

Pein Tendou on 18/2/11 17:14 said...

"astaghfirullaahaladzim itu dosa,berfikirlah sesungguhnya dunia ini diciptakan untuk orang yang berfikir"

Anonymous said...

maap.... menurutku hari valentine cumsebuah simbol akan untuk berbagi kasih sayang..... dan kasih sayang pun selalu di terapkan setiap saat walau bukan hari valentine...
seperti halnya hari raya idul fitri.. kita saling memaafkan juga bukan hanya waktu idul fitri tapi juga setiap hari
karena untuk memaafkan butuh kasih bukan hari

jadi kupikir valentine/idulfitri hanya sebuah simbol peringatan yang tidak perlu di pertengkarkan

maaf bukannya menyamakan antara kedua hari itu tapi kita renungkan lebih dalam kenapa ada peringatan tentang hari tersebebut gak usah di permasalahkan mana yang benar dan salah
yang diatas Maha tau

Anonymous said...

well, as long as you are amazing, we are one. i dont care you would celebrate it or not. :) ill be your friend. we are indonesia. bhineka tunggal ika.

Anonymous said...

janganlah beradu perkataan seperti itu.
kita berbeda agama berbeda pula kepercayaan.http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif

Ignatius Yoga Galih Panunggal on 27/2/11 10:07 said...

hari kasih sayang itu bukan cma di hari 14 feb jga betul, tapi gk slah kan di tgl 14 feb. adalah hari kasih sayang?
kalau seandainya hari pembunuhan nasional, jelas sekali ditentang... kalau hari kasih sayang itu tak boleh? cerita aja juga di akui kok di cerpen yang gk jelas asal usulnya. ya dilihat di PURGATORY apakah itu salah atau benar. Salam Metal Indonesia \m/
.(....\.............../....)
. \....\............. /..../
...\....\............/..../..
....\..../´¯.I.¯`\/..../...
..../... I....I..(¯¯¯`\
...I.....I....I...¯¯.\...\
...I.....I´¯.I´¯.I..\...)
...\.....` ¯..¯ ´ ......)

Ignatius Yoga Galih Panunggal on 27/2/11 10:10 said...

kalau hari pembunuhan nasional itu ada jelas sangat di tentang semua golongan.. tapi hari kasih sayang gak boleh ya...
ya dilihat di PURGATORY api pencucian apakah itu benat atau tidak..
Salam Metal Indonesia \m/

Alp Arslan on 27/2/11 10:30 said...

Maaf, jika tadi saya menemukan ada beberapa comment tentang sejarah valentine yang bertentangan alis kontra atau tidak setuju dengan apa yang telah di post disini.
Saya katakan TIDAK pada valentine dan saya BERJANJI akan mempercayainya jika yang terhormat para ahli-ahli posting (yang kontra terhadap posting ini) jikalau pendapat yang dikemukakan masuk akal dan logis, namun akhirnya saya malah tertawa karena melihat ketidak kesepekatan ide antara yang satu dengan yang lainnya. Masa` mau membantah ide orang tapi yang laen malah menghancurkan. Kan gak etis sebagai orang dibawah satu bendera PRO VALENTINE (setuju valentine)........
Jadi, hemat saya, untuk orang-orang yang BELIEVE in VALENTINE.... Kenapa sih kalian ngebet banget sama VALENTINE ....?

Anonymous said...

halahhh kalian ini pada ngapain ..... valentine,kan cuma ada 1 kali setahun emang kenapa klo dirayain sekali saja ,itung2 juga buat snang2 aja :)) :))

Anonymous said...

APAAN KALIAN MAU DIRAYAIN ATAU NGGAK TERSERAH KALIAN ? HAH APA MAKSUDNYA JELASNYA VALENTINE SHITT . . . MIKIR AJA KENAPA COBA MESTI VALENTINE? KARENA PADA HARI ITU RAME RAME ORANG BERBUAT MESUM ,MAKSIAT. . . .MAKANYA PALING DITUNGGU" BUAT MANIAK MANIAK ASU... INTINYA VALENTINE MESTI DIHAPUS BANYAKAN MUDARATNYA . . . Salam FUCK'IN dari RIE

CHE IMOUTZ said...

NGAPHAEDT JJA NGRAYAAIND VALENTINE ,,,, VALENTINE XAND HARI YG GAG JELAS
,,,MESKHIPHUND BKAND HARI KCH CHYNX ,, PHIE QHU CLL DPT KCH CHYNX XOUC WKWKWKWKWKWK

Indah Sari on 27/4/11 16:42 said...

banyak macem :-/

Anonymous said...

setau aku valentine tu kan nama bencong,,

Anonymous said...

ijin copas ya makasih sebelumnya

Mia クール ^^v on 19/6/11 18:58 said...

seperti yang kita ketahui, hari valentine bukanlah budaya orang timur, budaya asia, khususnya negara Indonesia. selain itu, baik ajaran muslim maupun non muslim tidak pernah menganjurkan kita untuk merayakannya tapi juga tidak melarang kita untuk merayakannya.
karena seperti yang kita ketahui, bahwa hari valentine itu tidak jelas mengenai kebenaran asal usulnya.
mengenai boleh atau tidaknya perayaan hari valentine, itu kembali pada pribadi masing-masing. pandangan setiap orang berbeda. toh, apa salahnya untuk menghargai pendapat orang lain?
untuk itu, sebagai remaja Indonesia,
ayolah, kita ini satu. kita boleh mengeluarkan pendapat kita, tapi tolong dengan cara yang baik, dengan cara yang sopan.
lagipula untuk apa kita menyangkut pautkannya dengan agama? agama adalah suatu ajaran kerohanian untuk dipelajari, dipahami, untuk dimengerti maksud dari isinya. bukan sesuatu hal untuk diperebatkan :(

Anonymous said...

kenapa dari tadi perasaan yang debat ngomongin agama mulu?
yang di debatin cuman agama islam sama kristen doang. kenapa ngga hindu? budha? konghuchu? atheis? sekalian di bawa semua.

kalian tuh, cuma di adu domba doang tau ngga!!
sekarang itu lagi meraja lela pengadu dombaan antar agama, dari pihak yahudi atau dari orang-orang penganut satanic.
bisa jadi yang buat penyelewengan pada pengertian hari valentine itu, adalah pihak mereka.

ya udahlah. sekarang kita cukup percayai apa yang kita pilih aja!

stanislas said...

tiada TUHAN selain ALLAH. YESUS KRISTUS ADALAH REINKARNASI ALLAH, juru selamat dunia. ROH KUDUS adalah roh ALLAH, roh yang selalu di hati kita............

Anonymous said...

kenapa harus menunggu valentin utk mengucapkan sayang?
padahal stiap hari bisa mengatakan sayang.. =)) =)) =))

Al-Ghifar Azhary on 18/12/11 09:03 said...

gan,, post ini sangat menarik,,,
izin share ya???

Al-Ghifar Azhary on 18/12/11 09:08 said...

gan,, post ini sangat menarik,,
izin share ya???

Anonymous said...

sory to say kalo aku bilang rada keras kalian ini kayak anak kecil....
valentine ga jelas lah merusak kaidah lah, dr agama mana dan propaganda barat lah,...

kita hidup dijaman apa? yang mana jaman kita ini sudah cukup terbuka dari semua hal dari barat.
Memang diakui nma valentine itu berasal dari St Valentin (kristianai) tp bukan berarti waw...kristiani..
tapi ga usah muna deh, kalo smp bilang ga perlu ngikuti hal-hal valentine yang ga jelas krn valentin asalanya dr barat dan kristiani....
halooo.....pernah pacaran kagak ? emang slm pacaran kagak pernah merayakan hari valentine ? aku rasa bohong .besar

jadi gini lho guys, open ur eyes, open ur heart and open ur MIND !!!
semua agama mengajarkan kasih sayang kok....kalo pun ada perayaan hari kasih sayang so WHAT ???.....meskipun ada yang bilng setiap hari adalah kasih sayang ?....ITS RIGHT !!!!
but wht is the problem ?? the problem is valentine coming from christiani ??? CORRECT ?....semua sama , mana ada kasih sayang merusak akidah....hello kelurgaku berasal beraneka ragam dan demokarasi dalam beragama....kita saling tolenrai dan aling mendukung...saling menyayangi satu sama lain...ITU ESENSInya....

sory rada keras...thnk u

hamba Allh said...

katakan tidak pada valentine.
tapi berikan kasih sayangmu pada semua makhluk-NYA,
kapanpun dan dimanapun

Anonymous said...

alaaahhh sok kali bilang valentine ngga penting...

berani sumpah apa loe loe pada yg bilang valentine ngga penting?
paling loe2 juga nunggu kado dari sang pacar ato mungkin ngasi sesuatu buat pacar ato gebetan loe...

ngga usah munafik bray jadi orang.
apa salah tradisi yang biak itu di ikuti?
dan lagian ngga ada salahnya koq..buktinya di kalender tiap tanggal 14 Feb ngga pernah jadi hari libur...so apa hubungannya agama dengan hari ini??makanya bacanya di telaah jangan asal telen mentah2...

klo ngga ngerti baca lagi...!!!!

Lirik Lagu on 19/1/12 12:05 said...

hari valentine adalah hari penuh cinta, kok merayakan yang baik tidak diperbolehkan ? kalau ada yang kelewatan merayakanya itu kembali ke pribadi masing2

Anonymous said...

hari valentine
nggak penting donk ya, ga jelas geto

kado valentine on 29/1/12 00:59 said...

xixixix NO sara please...
berpikirlah baik adanya ;)

Anonymous said...

Kalo menurut gw sih pada intinya semua cerita mitos tentang vaalentine diatas itu semuanya berakhir tragis dan pembunuhan.

Terlalu bodoh rasanya kalau merayakan tanggal 14 februari sebagai "Hari Kasih sayang." Boleh aja sih kalo mau merayakannya iitu kan hak asasi manusia asal mau berakhir tragis kaya di cerita-cerita mitos itu...

hahaha....come on dude, grow up, that just a mite!

Anonymous said...

biasanya yg terjadi saat ini, perayaan valentine dijadikan ajang pelampiasan nafsu sex,lihat aja hunian hotel saat valentine,full booked dan mayoritas pasangan usia muda....

Anonymous said...

maaf, ni yaa...
bukannya ikut campur, tolong jgn gara2 budaya barat ini agama kita menjadi hancur.
semua agama di indonesia itu bersahabat, tergantung kita aja lagi mengatasinya. jika dari salah satu agama kita tidak mengharamkan valentine, tidak ad salah nya kita memberi kasih sayang pada sesama. dan jika ad agama yg mengharaminya tidak ada salahnya juga kita ikut bahagia atas kebahagiaan orang lain.

jadi bukalah pintu hati kita masing2 untuk mengharagi satu sama lain. gx ada rugi nya kok . make our country a peaceful country.



#egy poetra (emgustiegyp@yahoo.com)

Anonymous said...

KOPET KOPET KOPET VALENTINR KOPETTTT..............................................

MIZAN on 3/2/12 03:53 said...

MEMANG GAK GENAH, AKU POSTING TENTANG VALENTINE DI http://www.perkuliahan.com/sejarah-dan-kontroversi-hari-valentine/ JUGA REFERENSINYA KABUR. KAGAK KARUAN. THAKS BUAT REF.

Anonymous said...

:))

Ndul Jonny on 5/2/12 12:14 said...

Lu olang pada cing cong di mari, ngomongin palentin. udah aja biarin ga usah cingcong, itu hari tanggal 14 biasa!!!! ga usah jadi debat di mari! :beer:

Ndul Jonny on 5/2/12 12:14 said...

Lu olang pada cing cong di mari, ngomongin palentin. udah aja biarin ga usah cingcong, itu hari tanggal 14 biasa!!!! ga usah jadi debat di mari! :beer:

hamba allah said...

macak ci cemua tanggapan itu benr???????????????????????????????????????????????????????

hamba allah said...

valentain so what???????????????

Anonymous said...

siip

Agung Tazmudin on 14/2/12 18:08 said...

8-} yg ngrasa kesindir gak usah sewot, gak usah komplen.. cz itulah kenyataannya.. valentine is bullshit.. itu pandanganku..

agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku..

ijal on 14/2/12 18:44 said...

Hari valentine Haram di rayakan oleh umat Islam =))

ijal on 14/2/12 18:46 said...

hari valentiine haram di rayakan oleh umat islam =))

Anonymous said...

gak jelas banget,,fuck valentine

Anonymous said...

@ahlikitab on 30/7/10 22:00 : songong berasa lo paling pinter,...!!! ilmu itu hanya milik tuhan,.. kalo mau koment di fikir pake otak,. bukan dengkul,.. !! wakakaka gatau diri lo..contoh @calon pendeta,.. gw setuju bgt,.. itu di dalam kitab lo ada kan,..?? gw juga punya kitab yang menurut umat sesama gw paling sempurna,.. dan itulah pegangan gw,.. makanya kalo belon pinter jangan nyuruh orang belajr selayak lo paling pinter sedunia akhirat,.. buat @hamba aloh jempol 4 buat lo,.. tuhan itu dimana2 cuman 1,.. tapi kita lah ciptaannya yang beda2dan macem2,.. orng goblok ngaku piner, orang pinter stay cool aje,.. tul gag agan-agan...?? \m/

lista hutabarat on 14/2/12 19:11 said...

Kajol.....
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/7.gif
:-/

Anonymous said...

He he he rame Selamat Berkasi Sayang semuanya gak usah berantem hidup hanya sekali saja koq he he he

Anonymous said...

Baca lagi dech postingannya. yg bikin postingan ga bilang kalo V day itu dari agama tertentu. itu kan cm nyeritain sejarah. yg koment aja nyolot duluan. yg nyolot duluan tuh yg bego, ga ngerti bhs indonesia kali, kudu dikasih tulisan pake bhs tumbuhan biar mudeng...!
Bego dipiara...! BACA LAGi....

Anonymous said...

noname......

kasih itu baik tidak sombong dan tidak membawa kesengsaraan buat yang memiliki kasih, so jadi hari kasih sayang gak perlu ente2 permasalahkan karena pada intinya jika ente2 gak paham dengan namanya kasih pasti gak akan mengerti valentine days

Anonymous said...

maap,,, jangan sok tau dech tentang agama islam bukannya hri raya idul fitri itu cuman buat maaf-maafan doank!! hari raya idul fitri itu adalah hari yang suci bagi umat islam so,, yang non muslim jangan sok tau dech!! dan komplen dengan agama islam!! agama loe, ya agama loe jangan ngurusin agama orang! x( yang ngerayain ya met happy2 ye,,,,,, :p

cayoshare on 14/2/12 22:45 said...

berdebat boleh, tapi gak pake mencaci, memaki, mengejek, dan sejenisnya.. peace

Anonymous said...

Buat @anonymous yg ngatain IDUL FITRI cm buat maaf maafan..
kl mm anda blng cri info yg benar dlu bru ngomong justru OMONGAN anda itu yg hrus DIPIKIR dlu..kl GAK TAU jgn SOTOY..
krena pndapat anda itu SALAH BESAR. .
Maaf bukannya sya gk mnghormati agama orng laen, tp apapun agama anda jg diajarkan buat tidak menghina agama laen kan. .
Dsni itu coment anda bs dilihat dr bnyak pihak. . Jd tlng jaga omongan anda jk berkomentar..

Buat admin. Komen seperti itu dihapus sja. .koment tidak berpendidikan & tdk menghargai agama laen. .
Kl mm diperlukan tidak apa koment sya jg dhapus. . Krena sya cm ingin mengingatkan pada orng yg Ngomong tp Kurang Pengetahuan sperti itu. .

admin on 15/2/12 11:58 said...

hahaha,,,,
emang bener...
sumpah gk jelas bgt tuh valentine..
wkaowkaowkao

Anonymous said...

iught,, gaxc jelas bnget t valentin day,,,, hue.... d ajaran agama islam ulama'' mengatakan,, itu haram d kerjakan oleh umat islam,, karna d setiap hari valentine pasty ada yg melakukn perzinahan,,, stju gaxc???? hahahaaaaa =))

Anonymous said...

yang jelas, sungguh sangat bodoh ketika orang-orang beragama ngerayain hari valentine day's, saya yakin masing-masing agama punya aturan dan kegiatan. ngapain juga orang-orang beragama (Islam,kristen dan protestan, dll ) melakukan perayaan yang tidak ada aturan pada agamanya. ini harus menjadi tugas para pemimpin agama mereka jangan sampai umat-umatnya terhasut oleh valentine day's yang jelas-jelas akan merusak aqidah. bagaimana kalau kita bersatu setiap tanggal 14 februari kita canangkan hari pembohongan besar valentine. setuju ga brow

Anonymous said...

kl mang sayang gak prl jg kali ngungkapinx nunggu pas tgl 14 februari,,,,,ntar malah jd gak bnr lg.....

Anonymous said...

alah.... sotoi

Menambah Saldo on 16/2/12 19:56 said...

sudah tidak perlu diributkan..
capek pikiran..
mending ungkapin tuh kasih sayang kalian pada orang-orang yang benar-benar kalian kasihii..

Anonymous said...

numpang lwat yaa..
Sbnarnya v-day it bkn tuk drayain..
Hnya m0ment yg tepat bwt ngugkapkn rasa syang,baik ke psangn,org tua,anak ato shabat yg lain..

Bagi yg tidak suka,tdak ush mbwa agama qt..krna bs mnimbulkn k0nflik..

Gbu
:)

Oliphee said...

Hari valentine................................................ mbosenin dech kayaknya


:(
:-t
:-L

Agus said...

Saya pikir apapun itu gak penting. yang penting itu kamu pernah tidak mengasihi orang??? atau kamu hanya mengasihi diri sendiri. so hidup itu harus penuh dengan kasih. orang yang tidak mengasihi lebih baik hidup di hutan. kalau Valentin mau dari mana datangnya gak penting yang pasti itu sesuatu yang baik pake aja kenapa itukan hanya satu dari cara untuk kita mengungkapkan kasih sayang pada orang yang kita kasihi. toh setiap hari kita harus saling mengasihi betul??????

pusat informasi dan bisnis on 19/2/12 21:54 said...

wah bikin tambah romantis nih

♫Mysterious Gamer♫ on 20/2/12 00:29 said...

Vallentine's Day ASOOO =)) =))

♫Mysterious Gamer♫ on 20/2/12 00:32 said...

Valentine ASOOOOO....
Ngapain Repot2 ikut budaya barat?...
Mendingan jaga budaya negri kita aja supaya kg d'ambil sama malingsia...
;)

Anonymous said...

sory2.... kalau misalnya ngak mau ngerayain valentine yaaa ngak usah dirayain gitu aja susah banget =))

Anonymous said...

Jika ingin diambil hikmahnya itu baik, karena semua orang tak ada yang tak butuh kasih dan mengasihi. Yang jadi masaah kan jika itu disalah gunakan olh muda mudi jadi alasan atau melegalkan hal-hal yang memang belum waktunya. Apa lagi jika terus mengada-ada dengan sesuatu yang sifatnya hura-hura alias mubadir yang barang kali aja ada unsur maksiaytnya. Tapi pada awalnya bukan itu.

Anonymous said...

lucu bgt debatnya =))

hari kasih sayang on 4/9/12 20:08 said...

keren juga sejarah nya


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers