August 17, 2008

Sehat dengan kacang kedelai

kedelaiKedelai merupakan makanan rakyat. Selain harganya murah juga mudah didapat dan berkhasiat. Kedelai bisa diolah menjadi kembang tahu, susu, tahu, ampas tahu, tempe, dan tauge. Kedelai mengandung air, kalori, protein, hydrocarbon, zat besi, vitamin A, B, B1, B2, kalsium, sodium, phosphorus, fatty acid, niacin, dan linoleic acid. Khasiat olahan kedelai : 1. kembang tahu atau tahu berkhasiat mencegah dan menyembuhkan pengerasan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. 2. susu berkhasiat meredakan dahak, menyehatkan jantung, diabetes, dan menurunkan berat badan.

3. tempe dapat meningkatkan fungsi usus dan mencegah kanker usus, tukak lambung, menghilangkan flek hitam dan jerawat.
4. taoge berkhasiat mengobati jerawat, peremajaan kulit dan menyuburkan rambut.

Beberapa resep mengolah kedelai :

1. untuk mengatasi tekanan darah tinggi, anemia, liver dan meningkatkan stamina, caranya: kedelai direbus dengan air secukupnya bersama kucai, taoge dan akar alang-alang. Dimasak menjadi sup, dan minum kuah sup dalam keadaan hangat.

2. tekanan darah tinggi, caranya: 75 gr tahu dan tempe, seledri secukupnya dan 30 gr rumput laut, ditumis dan makan jika sudah dingin.

3. meningkatkan fungsi usus dan menghilangkan flek hitam dan kekenyalan kulit, caranya: tempe dicampur dengan tepung kemudian ditumis atau tempe bersama jamur putih kering dan udang ditumis atau dipepes sesuai selera.

4. menyehatkan jantung, caranya: ampas tahu dapat dicampur dengan tepung terigu lalu ditumis atau dapat juga dicampur dengan kucai, dimasak sesuai selera.

5. mengatasi diabetes, caranya: 3 sendok tepung kedelai diseduh dengan satu gelas air dan minum sesering mungkin.

6. meremajakan kulit dan menyuburkan rambut, caranya: 300 gr taoge, 25 gr jamur putih kering, 100 gr kucai, ditumis. Santaplah sesering mungkin.

7. meningkatkan fungsi paru-paru dan meredakan dahak, caranya: susu kedelai dicampur madu, kemudian diminum.

Sumber: Buku “Hidup Sehat Cara Hembing” Jilid 2

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related posts :


2 comments:

Anonymous said...

hello kawan... =)) :)

Anonymous said...

tes ting...123....


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers