August 17, 2008

Pentingnya Tidur

orang tidurMenurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Kendry Clay dan penasihat fakultas Daniel Taylor dari University of North Texas, mahasiswa yang bangun lebih pagi memiliki Index Prestasi Kumulatif (IPK) yang lebih tinggi, sementara mereka yang suka begadang memiliki IPK yang lebih rendah. Studi ini dilakukan kepada 624 mahasiswa yang mengikuti kursus psikologi; partisipan mengisi survey yang meliputi pertanyaan mengenai kebiasaan tidur dan bagaimana aktivitas mereka selama jam kerja. Menurut profesor Taylor, "penemuan bahwa mahasiswa yang cenderung hidup di malam hari memiliki IPK yang lebih rendah, merupakan penemuan yang sangat penting, ini akan membuka jalan bagi tes psikologi lainnya di masa depan, bersamaan dengan penelitian yang menunjukan bahwa daya ingat akan bekerja lebih baik dengan tidur."

Pada penelitian terpisah, penulis dari Martha Jefferson Hospital Sleep Medicine Center meneliti efek dari jet lag yang disebut dengan circadian advantage, pada persentase kemenangan dari tim Major League Baseball.

Menganalisa 24.000 pertandingan, data yang didapat memperlihatkan bahwa kekurangan tidur berdampak negatif terhadap kesuksesan sebuah tim olahraga. Menurut pimpinan riset tersebut, "besarnya circadian advantage (kekurangan waktu tidur yang disebabkan oleh perbedaan zona waktu) mempengaruhi keberhasilan. Saat tim memiliki circadian advantage sebesar 1 jam dan 2 jam, persentase kemenangan adalah 51,7%. Saat sebuah tim memiliki circadian advantage sebesar 3 jam, persentase kemenangan meningkat menjadi 60,3%.


Related posts :


3 comments:

Anonymous said...

=))

Anonymous said...

wew... emang penting ya banyak tidur... mang pentng ya IPK tinggi.. =))

JoVie on 26/9/08 22:41 said...

tidur??? mau dunkkkkk.....
emang penting banget tuh tidur....apalagi kalo lagi di kelas, dan dosennya kiler...wah kudu tidur....
tapi tidur jadi gak penting lho, kalo kita udah kecanduan blog, kayak gw...:D


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers