September 18, 2008

Mencegah Bau Apek pada Pakaian

Begitu kotor atau bersih kadang sebagian dari kita langsung aja kita tumpuk di sudut kamar. Mungkin juga kita selesai mencucinya lalu memasukkan ke dalam lemari begitu aja tanpa mengeceknya. Pernahkan? Aku aja sering... . Hal itu juga dapat bikin pakaian kita berjamur. Udara segar sangat baik untuk pakaian kita. Jangan lupa bahwa pakaian juga perlu bernafas seperti kita. Bernafas disini artinya, pakaian kita butuh udara yang segar dan selalu berganti agar kondisinya bagus dan baunya nggak apek. Untuk menjaga pakaian selalu "sehat" tanpa bau apek simak tips-tips berikut ini, okey..
:: Jangan ceroboh saat mengangkat jemuran. Pakaian yang masih dingin atau belum kering benar jangan kita tumpuk dengan yang bersih. Pakaian semi kering tadi bisa menimbulkan bau apek pada baju itu sendiri dan baju lain.

:: Hindari mensetrika pakaian yang belum kering benar. Pakaian basah yang terkena panas setrika biasanya menimbulkan bau yang tak enak. Bau panas yang berlebihan dan bisa merusak baju. Jika pakaian seperti ini kita simpan di lemari, otomatis pakaian itu akan menularkan bau apek di lemari kita.

:: Simpanlah pakaian ke dalam lemari dan pastikan dalam keadaan bersih dan benar-benar kering.

:: Berikan ruang bernapas bagi koleksi baju kita. Jika kita akan menyimpannya dalam waktu yang lama masukkan aja dalam kardus atau plastik yang telah kita lubangi agar udara bisa keluar masuk. Lemari yang paling rapi dan baik bagi pakaian adalah yang terbuat dari kayu. Kita tak perlu menyiapkan lubang khusus untuk baju bernapas.

:: Perhatikan suhu ruangan tempat menyimpan baju. Jangan menyimpan kardus berisi pakaian di ruang dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Jika kondisi ruang terlalu lembab, aroma pakaian Anda pun dipastikan akan apek.

:: Noda makanan atau keringat dari pakaian yang tersimpan di lemari bisa menimbulkan ngengat. Biasanya ngengat senang sekeli membuat lubang di pakaian kita. Jika tak ingin pakaian kesayangan kita dimakan ngengat periksa ulang lemari kita, keluarkan pakaian kotor dan bersihkan.

:: Bubuhkan kamper dalam lemari kita. Selain berkhasiat untuk mengusir ngengat, kamper juga bermanfaat untuk menambah aroma segar dalam lemari kita. Tapi ingat jangan lupa menggantinya saat habis ya.. !!

Related posts :


7 comments:

paddi on 18/9/08 12:06 said...

Thanks ya tips-nya,pakaianku juga biasa begitu,apalagi kalau musimm hujan...kalau di kasi kamper juga bahaya lho Ugiq,nanti dikira mayat hidup....ke3x

nugraha on 19/9/08 09:45 said...

Salam kenal, Kang. Bagus juga tuh tipsnya, selama ini saya suka mencampurkan baju yang setengah kering dgn yg kering. Setelah membaca tips di atas, jadi "ngartos" deh saya :)

ovie,, on 19/9/08 17:03 said...

:(( tau gag,, jacket kesayangan Q bauna apek,, gara2 q gag hati2 wkt jemur,, hikz,, betee,,,

Nias Zalukhu on 20/9/08 09:32 said...

Wah tipsnya menarik... tapi sayang saya paling ga bisa kalau mengenai urusan cuci setrika dan merawat pakaian hihihi... nyerah deh :)

Benny on 20/9/08 21:02 said...

wow tipnya sgt bermanfaat.. thank ya mas..

Tony on 20/9/08 22:21 said...

sip tipsnya mas sangat bermanfaat :)

uGiQ on 21/9/08 08:45 said...

@ untuk semua sahabat blogger: tengs juga ya smuanya.... dah berkenan mmpir dan kasih komen. :)

SUKSES SELALU UNTUK KITA SEMUA..... :)


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers