September 21, 2008

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut saat puasa terjadi karena kekeringan di mulut akibat kurangnya cairan air ludah. Bakteri dalam mulut pun menjadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut. Penyebab bau mulut bermacam-macam, contohnya karena penyakit kencing manis, tonsil yang membengkak atau makanan. Untuk menjaga agar mulut tetap segar saat puasa dan tidak menimbulkan bau yang berlebih, beberapa tips dapat dilakukan, ni dia :
:> Beberapa jenis makanan tertentu, seperti hewani, bawang putih, petai maupun jengkol, dapat memicu bau mulut. Apalagi dibarengi merokok. Makanan yang disantap saat sahur sebaiknya makanan yang tidak berpotensi tinggi menimbulkan bau, seperti pete atau goreng-gorengan. Disarankan untuk sahur makanan tinggi serat seperti sayur dan buah.

:> Setelah makan biasakan berkumur, membersihkan sisa makanan yang menempel.

:> Tingkat bau mulut seseorang tergantung kualitas mereka membersihkan gigi. Bakteri dalam gigi sebenarnya terus melakukan proses pembusukan, terutama setelah makan dan kondisi tubuh tidak aktif atau tidur. Jadi sebaiknya gosok gigi yang benar terutama di sela-sela gigi. Makanan yang tersisa inilah yang menjadi sumber makanan dari bakteri dalam gigi sehingga berpotensi menimbulkan bau. Untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, gunakan benang gigi (dental floss).

:> Gunakan obat kumur jika diperlukan setelah menggosok gigi.

:> Perbanyak menyantap buah dan sayur.

:> Mengunyah gunakan kedua sisi. Fungsi mengunyah untuk menguatkan otot. Di gigi yang tidak pernah dipakai mengunyah akan terjadi penumpukan plak dan karang gigi. Plak akan menjadi cikal bakal terjadinya gigi berlubang dan menjadi tong sampah bagi sisa makanan yang menebarkan bau mulut.

:> Ganti sikat gigi jika bulunya sudah mekar, karena hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan gigi, karena sisa-sisa makanan tidak bisa dibersihkan secara optimal.

:> Biasakan menggosok gigi setelah sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur.

:> Kontrol kesehatan gigi enam bulan sekali.

Itu aja tips-tipsnya, moga bermanfaat bagi kita semua.

Related posts :


5 comments:

mymoen on 21/9/08 14:37 said...

Tipsnya mantap... :)

uGiQ on 21/9/08 15:38 said...

@ mymoen : emang mantabz mas.... he.. :) o ya tengs ya dah berkunjung.... :)

Tony on 22/9/08 20:10 said...

mantap mas tipsnya :)

Nias Zalukhu on 23/9/08 08:50 said...

Aduh gimana ya... mulut saya harum trus.... ga percaya? coba ajah ... wkwkkwkw tipsnya bagus jg..

Cebong Ipiet on 25/9/08 14:38 said...

gimana klo di lakban? kikikikiki met puasa


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers