January 17, 2010

Gempa Haiti - Korban Gempa di Haiti Capai 200 Ribu Jiwa

Gempa Haiti - Korban akibat gempa 7,0 SR di Haiti terus bertambah. Jumlahnya kini diprediksi mencapai 200 ribu jiwa. Gempa yang mengguncang Haiti merupakan musibah terburuk yang pernah ditangani Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Sungguh menyedihkan..

Sekretaris Negara untuk Keamanan Umum, Aramick Louis, mengatakan, sekitar 40.000 mayat telah dikuburkan. Jika perkiraan jumlah korban tewas itu akurat, gempa bumi berkuatan 7,0 skala Richter yang mengguncang Haiti pada Selasa lalu itu menjadi salah satu dari 10 gempa paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah.

Tiga hari setelah gempa itu, penduduk Port-au-Prince, sebelum gempa berjumlah 2 juta jiwa, mulai frustrasi dan marah akibat kekurangan makanan dan air. Sementara bau busuk kian menyengat karena mayat-mayat yang bergelimpangan lebih cepat membusuk akibat sengatan matahari tropis. Penjarah yang menenteng senapan juga menebar ketakutan baru di jalan-jalan kota itu, tepat bersamaan dengan kedatangan tentara AS yang akan mulai mengalirkan berton-ton bantuan.

Sementara itu, Presiden Haiti Rene Preval dan Perdana Menteri Jean-Max Bellerive untuk sementara tinggal di markas polisi dan terus melakukan koordinasi untuk meredam aksi kekerasan di negara miskin yang sering dilanda bencana dan konflik politik itu. "Saya tidak punya rumah, tidak punya telepon, di sinilah tempat saya sekarang," kata Preval yang masih shock dan rumah jabatannya ambruk.

"Kami harus menjamin cukup tersedia bahan bakar bagi truk-truk yang mengumpulkan mayat. Rumah sakit penuh, mereka kewalahan," kata Preval kepada Reuters.

Sekian berita tentang korban gempa bumi di Haiti capai 200.000 jiwa. Berita oleh Astaga.com Lifestyle On The Net, dikutip dari berbagai sumber.

Related posts :


2 comments:

gatot on 10/6/10 12:04 said...

Save our earth from now

amar on 10/6/10 15:40 said...

Haiti bersabarlah...


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers