August 30, 2010

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut) meletus pada hari minggu, 29/8/2010 sekitar pukul 00.15 WIB.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Untungta Kaban mengatakan meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, berjarak lebih dari 90 km dari Kota Medan, diluar perkiraan dan analisis. Saat ini warga di sekitar gunung kembali dievakuasi.

Sebelumnya, masyarakat sekitar Gunung Sinabung tidak menduga gunung akan meletus karena mendapat informasi dari petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gunung tersebut masih dalam kondisi aman, namun tiba-tiba meledak.

gunung sinabung
Gunung Sinabung Meletus

Berdasarkan informasi tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Karo mengimbau warga yang mengungsi untuk kembali ke rumah masing-masing. Namun sebagian besar pengungsi tersebut tidak mengindahkan imbauan pemkab dan bertahan di lokasi evakuasi, hanya sebagian warga yang kembali ke kediaman mereka.

Sebelumnya Gunung Sinabung yang memiliki ketinggian 2.460 meter di atas permukaan laut itu mulai menunjukkan aktivitasnya dengan mengeluarkan asap hitam pada hari Sabtu (28/08) pagi. Selengkapnya baca kronologis gunung sinabung meletus. [@ kompas.com]

Related posts :


0 comments:


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers