August 30, 2010

Inilah Kronologi Gunung Sinabung Meletus di Sumatra Utara

Inilah kronologi meletusnya Gunung Sinabung di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumut versi Kemenkes :

Gunung Sinabung akhirnya meletus, sekitar pukul 00.15 WIB, Minggu 29 Agustus. Meletusnya gunung tersebut luput dari pemantauan sehingga membuat panik warga di sekitar gunung.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama, mitigasi bencana letusan gunung Sinabung terjadi di Kabupaten Karo pada tanggal 27 Agustus 2010 sekitar pukul 17.15 WIB dengan kondisi gunung mengeluarkan kabut asap tebal berwarna hitam disertai dengan hujan pasir dan debu.

gunung sinabung
Gambar: Gunung Sinabung

"Keadaan ini menimbulkan kepanikan warga masyarakat di sekitar Gunung Sinabung yang terdiri dari 14 desa dari tiga kecamatan yang mengalami dampak langsung dari Gunung Sinabung," paparnya kepada okezone, Minggu (29/8/2010) malam.

Tjandra menambahkan, kepanikan juga terjadi di sekitar wilayah Kota Kabanjahe dan Kota Berastagi. "Lokasi kejadian di sekitar Gunung Sinabung kira-kira 20 km ke arah barat Kota Kabanjahe, di mana lokasi ini dihuni sekira 15.000 jiwa," jelas dia.

Tjandra memaparkan, akibat dari ancaman letusan Gunung Sinabung tersebut menimbulkan kepanikan dan keresahan warga masyarakat. Sehingga, warga masyarakat meninggalkan desa mereka mencari tempat perlindungan yang lebih aman.

Mengenai sarana pemukiman dan fasilitas lainnya, dia menjelaskan secara umum kondisinya tidak ada dilaporkan yang mengalami kerusakan. Lebih lanjut Tjandra menjelaskan, setelah dilakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo bahwa posko kesehatan sudah disiagakan di sekitar lokasi Gunung Sinabung.

Demikian juga dengan Puskesmas Naman dan Puskesmas Simpang Empat. "Di samping kedua Puskesmas tersebut juga bidan desa yang ada di wilayah tetap siaga bencana," ungkapnya. Tjandra menambahkan sejauh ini petugas kesehatan dan obat-obatan di Kabupaten Karo cukup. Adapun desa-desa di sekitar lokasi Gunung Sinabung adalah:

Kecamatan Naman Teran
  1. Desa Bakerah
  2. Desa Simacam
  3. Desa Sukanalu
  4. Desa Sigarang-Garang
  5. Desa Kuta Gugung
  6. Desa Kuta Rakyat
  7. Desa Kebayaken

Kecamatan Payung
  1. Desa Suka Meriah
  2. Desa Selandi baru
  3. Desa Selandi lama
  4. Desa Guru Kinayan

Kecamatan Tiga Nderket
  1. Desa Mardinding
  2. Desa Kutambaru
  3. Desa Perbaji

Lokasi Pengungsi
Kota Kabanjahe
  1. Jambur Adil Makmur
  2. Gedung Serbaguna
  3. Jambur Lige
  4. Jambur Tohpati
  5. Jambur Tiga Binanga

Kota Berastagi
  1. Jambur Taras

Mungkin tertarik juga baca info yang ini kronologi penangkapan Baridin di Garut (mertua gembong teroris Noordin M. Top) dan hujan darah India. Sumber berita kronologi gunung sinabung meletus di kutip dari okezone.com.

Related posts :


3 comments:

ninja cyber on 25/9/10 10:01 said...

blogwalking salam kenal...

rental mobil murah on 12/11/10 13:23 said...

thanks buat infonya

sewa mobil di surabaya on 3/11/11 12:56 said...

nice post


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers