August 24, 2008

Cara Terampil untuk Berterima Kasih pada Orang

Tidaklah cukup bagi kita untuk merasa berterima kasih dan menghargai orang lain. Kita harus menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan itu kepada mereka yang pantas menerimanya. Mengapa? Karena kodrat manusialah bagi semua orang untuk menyukai dan menanggapi mereka yang menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada mereka. Mereka menanggapinya dengan memberi jauh lebih besar. Nah disini ada beberapa macam Seni untuk mengatakan "Terima Kasih" pada orang, yaitu:
1. Ketika kita mengatakan terima kasih, katakan dengan sungguh-sungguh. Bersikaplah tulus ketika kita berterima kasih pada orang. Orang akan tahu bila kita secara tulus menghargai mereka, mereka juga tahu bila kita tidak tulus.

2. Katakanlah dengan jelas dan tanpa ragu. Ketika berterima kasih pada orang, jangan menggumam, berbisik, atau mengucapkannya dengan sepintas lalu. Katakan terima kasih seolah-olah kita senang mengatakannya.

3. Pandanglah orang yang kita beri ucapan terima kasih. Terimakasih mempunyai arti yang jauh lebih besar ketika kita mengatakannya sambil memandang orang itu. Siapapun berharga untuk mendapatkan ucapan terima kasih, juga berharga untuk dipandang.

4. Sebutlah namanya saat berterima kasih. Berikan nuansa pribadi dalam ucapan terima kasih kita dengan nama. Sungguh berbeda mengucapkan "terima kasih, Pak Budi (contohnya)" daripada mengucapkan "terimakasih" aja.

5. Bekerja dengan berterima kasih pada orang. Ini berarti mengamati peluang untuk memperlihatkan pujian kita. Orang biasa akan berterima kasih pada apa yang kelihatan - orang diatas rata-rata berterima kasih pada yang tidak begitu bisa dilihat.

Sesederhana seperti aturan diatas, sangat sedikit teknik yang lebih penting dalam relasi manusiawi daripada kemampuan untuk secara tepat berterima kasih pada orang. Ini akan menjadi aset besar bagi kita seumur hidup.
Sumber: Buku Skill with People

Related posts :


4 comments:

Mama Shasa Shahira on 25/8/08 13:50 said...

Budaya berterima kasih emang harus di canangkan nih.. soalnya dengan ucapan terima kasih sekaligus menyenangkan orang lain karena sama juga kita menghrgai apa yang telah di beri ataupun di perbuat olehnya untuk kita. Dalam hal terkecil sekalipun ucapan terima kasih sungguh dahyat..hehhee

ugiQ on 25/8/08 15:11 said...

bener banget sha.... he... :)

yaqon on 27/8/08 10:05 said...

memang sulit orang berterima kasih

Arif Luqman Nadhirin on 31/8/08 03:16 said...

Memang bner masih banyak orang2 yang tidak terbiasa mengucapkan kata terima kasih, atau bahkan ada orang2 yg mrasa rat bgt unutk mengucapkannya.. pdhal dengan ucapan itu, tentunya selain kita menghargai pekerjaan seorang, memnuatnya mrasa dihargai,disamping itu akan terjalain hubungan yang lebih erat. kyknya bgitu :D :D :D


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers