January 6, 2009

Tips Pilih Asuransi dengan Tepat

Mungkin diantara kita pernah mengalami didatangi seseorang yang menawarkan berbagai jenis asuransi. Ayo siapa yang pernah? Klo saya belum pernah, hehe.... Tak pelak penawaran ini sering membuat bingung, perusahaan dan produk asuransi seperti apa sih yang baik dan layak untuk dipilih?. Atau mungkin kita masih berpikir, penting atau tidak sih asuransi?

Pengertian asuransi adalah sebuah produk keuangan yang memiliki fungsi memberikan perlindungan keuangan atas resiko yang mungkin terjadi pada diri kita.
So, sebelum memutuskan untuk ikut asuransi, sebaiknya simak dulu beberapa tips-tips berikut dalam memilih asuransi :

Kemampuan Finansial. Cek terlebih dulu perusahaan asuransi yang akan dipilih. Besar atau tidak perusahaannya, siapa yang mendukung dibalik perusahaan itu, dan mampu atau tidak membayar klaim untuk kliennya. Jangan pilih perusahaan asuransi yang hanya mengejar target saja.
Agen Asuransi. Beri batas waktu 6 bulan untuk memperhatikan cara kerja agennya. Apakah telaten, selalu mengingatkan bila telat membayar, mengutamakan costumer need, dan memiliki lisensi resmi. Jika tak puas dengan agennya, Anda bisa mengajukan komplain dan minta ganti agen.
Simak Surat Pembaca. Hampir semua koran memiliki rubrik Surat Pembaca yang berisi keluhan tentang berbagai hal, termasuk soal asuransi. Jika tanggapan dari pihak asuransinya baik dan bisa mengatasi keluhan konsumen, artinya perusahaan asuransi itu tergolong bagus.
Laporan Keuangan. Jangan ragu untuk selalu meminta laporan keuangan secara berkala dari perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Sekian beberapa tips-tipsnya, semoga bermanfaat.

Related posts :


21 comments:

- s L i K e R s - on 7/1/09 00:27 said...

Cihuyyyyy pertamaxxx :D

Saya jg blm kepikiran mau asuransi, mungkin belum saatnya... Nanti kalau penghasilan udah mantap mungkin baru mikir ikut asuransi.. anyway, thx for the tips :)

Afif on 7/1/09 06:01 said...

Nice Tips...

Benny on 7/1/09 11:59 said...

thank nich tipsnya.. :)

^ In Mark S ^ on 7/1/09 12:59 said...

Hmm. g pengen ikutan asuransi sih, tp penghasilan baru seadanya.. :| tp kalo nanti2, bayar asuransinya kata makin mahal yah (makin tua, makin mahal??) :-/

Kristina Dian Safitry on 7/1/09 15:45 said...

aku juga dah ngikut asuransi buat hari tua.karena aku bukan pegawai negeri,hi..hi..

harry seenthing on 8/1/09 01:51 said...

wah kalo asuransi aku mah dah ikutan 3 jiwa nih, yah berat sih, tapi sekarang dah mulai keliatan hasilnya....hayyah...kayak ripiuan aja yah...nih seenthing

ugiQ on 8/1/09 15:02 said...

@for all : tengs semua atas kunjungan + komennya... :)

Tony on 8/1/09 16:29 said...

belum ikutan asuransi nih :D

Pencerah on 8/1/09 18:03 said...

belum butuh asuransi nih

Cebong Ipiet on 8/1/09 22:03 said...

belum....belum pengen

nA on 8/1/09 23:57 said...

saya, suami, dan anak... Alhamdulillah sudah ikut asuransi... saya sendiri menyadari pentingnya asuransi, saat kakak pertama saya meninggal di usia muda yang ternyata jauh hari dia sudah prepare asuransi pendidikan buat anak2nya..

hidup memang perlu ada planning ke depan, bukan?? bukannya mendahului takdir Yang Kuasa, tapi manusia diberi jatah hidup di muka bumi, kan untuk berkarya, berupaya & pantang menyerah...

salam kenal

ugiQ on 9/1/09 00:56 said...

utk semua : mo ngucapin makasih lagi atas kunjungan + komen tmn2 smua... :)

Tony on 9/1/09 07:47 said...

thank infonya mas, kebetulan lagi rencana mo ambil :)

Bambosi on 9/1/09 10:58 said...

Kapan-kapan deh ikut :)

ugiQ on 9/1/09 13:55 said...

@Tony: sama-sama mas ton... :)
@Bambosi: segera bro... :)

hermancool on 31/1/09 09:25 said...

wah tips menarik,.. kalao aku ikut investasi,.. high risk juga high return,... lumayan 21% perbulan :D

Anonymous said...

PENGALAMAN BURUK ASURANSI KENDARAAN DI PT. ASURANSI WAHANA TATA

Semoga Anda tidak pernah mengalami pengalaman yang pernah menimpa saya ini.

Singkatnya, kendaraan yang saya asuransi secara TLO di perusahaan Asuransi

Wahana Tata, hilang dicuri. Dan setelah menjalani proses yang super

berbelit, akhirnya PT. Asuransi Wahana Tata mencairkan klaim. Anehnya,

pencairan dilakukan 2 (dua) tahap, tanpa melakukan negosiasi apapun dengan

Pemilik kendaraan yang hilang. Tahap pertama (jumlahnya tidak jelas),

dicairkan kepada Perusahaan Finance tempat saya melakukan kredit. Tahap

kedua, dicairkan Rp. 5,4 jt kepada Finance, guna memfasilitasi gratifikasi

pengurusan surat-surat keterangan polisi. Akhirnya dari seluruh jumlah

klaim, saya hanya mendapat pengembalian lk. Rp. 3,5 jt ; yang artinya tidak

lebih besar dari premi asuransi yang telah saya bayarkan; dan juga tidak

lebih besar dari sebulan angsuran kredit yang telah 14 kali dibayar, dengan

DP sekitar 25% harga 'on the road'. Inilah pengalaman saya menjadi nasabah

PT. Asuransi Wahana Tata. Semoga bermanfaat.

David, HP. (0274) 9345675
Pemegang Polis No.03-24-18000197

Blogger Senayan on 1/5/09 19:17 said...

makaci infonya ya mas
ASUransi memang investasi yang yahuud tapi harus selektif

Leonardus Kasdianto on 24/8/09 22:00 said...

"Sebenarnya keuangan saya tidak memungkinkan untuk ikut asuransi. Namun saya rela tidak makan siang agar masa tua saya terjamin dan bahagia."

Itulah sepenggal cerita dari Desi Wulan, seorang nasabah saya.

Kini Desi Wulan telah menikah dengan mengambil sebagian dana investasi di bulan yang ke-15.

Leonardus Kasdianto
0815 1000 8955

forex master on 13/9/09 21:31 said...

good info nh

baca artikel di bayar dollar on 26/9/10 14:03 said...

asuransi memang penting di saat datangnya celaka tidak bisa di presiksi...tul ngak. kunjung balik ya..


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers