February 20, 2009

Benarkah Facebook Picu Kanker dan Stroke?

Ayo siapa yang kecanduan dengan Facebook? Atau anda kecanduan dengan ngeblog? Apa termasuk dua-duanya? Jawabannya ada pada diri masing-masing. (Klo saya kecanduan ngeblog kali ya..? soalnya Facebook ndak punya ). Tadi saya sempat baca beritanya di detikinet.com, mengatakan bahwa kecanduan Facebook bisa memicu panyakit berbahaya seperti kanker karena situs jejaring sosial itu menurunkan level kontak fisik seseorang. Klaim ini dikemukakan ahli psikologi Inggris, Dr Aric Sigman. Gawat nich?

Menurut Dr. Aric , situs semacam Facebook, Myspace memang dibuat untuk memperkaya kehidupan sosial. Namun kenyataannya malah membuat orang terpisah satu sama lain karena keasyikan berinteraksi secara virtual, dan fenomena tersebut dapat menimbulkan efek biologis. Kurangnya pertemuan face to face dikatakannya bisa mengubah kerja gen, mengganggu respon kekebalan, level hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi keadaan mental. Ujung-ujungnya, keadaan tersebut diklaim bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius seperti kanker, stroke sampai dementia. (info selengkapnya baca di detikinet.com yach...)

Tu kan kecanduan Facebook berbahaya! Kalo kecanduan FS ama ngeblog berbahaya juga ndak ya? Jadi takut nich.... Tapi masalah tadi tergantung dari kita sendiri, ya harus bisa membagi waktu. Antara waktu ngenet (ngeblog, ngeFacebook, atau yang lainnya) dan waktu istirahat, jangan lupa makan, dan satunya lagi harus diimbangi dengan berolahraga.

Sekian sekilas info dari saya.

Related posts :


6 comments:

Artha on 20/2/09 18:34 said...

wah FS FB Nge Blog ama Kopdar disatukan sepertinya akan menjadi ajang yang mengasikan deh

afiszone on 27/2/09 19:22 said...

Ah .. tergantung ma orangnya juga !!
sosial site ... oke, tapi harus sesuai porsi aja.

Dunia nyata lebih penting dari pada hanya sekedar dunia maya.

wawanwae on 6/3/09 16:43 said...

betul bisa memicu kanker alias kantong kering, soalnya harus bayar akses internet, dll :D. saya setuju sama mas afis, tergantung ma orangnya, yg jelas semuabutuh keseimbangan

Imelectric on 17/5/09 17:59 said...

hahaha get a life! go out and play! :D

amin on 15/6/09 15:51 said...

aya aya wae.. mang seeh. klo dah asyik di FB lupa segalanya.. kurang tidur, kurang makan, mata melototin monitor mulu.. yaaa panyas lah klo penyakit pada dateng.. tergantung manusianya doong.. mesti jaga badan. ok...????

Anonymous said...

gak ada sampling, gak ada survey, ga ada uji klinis... koq bisa mengeluarkan statement siih???

Psikolog macam apa tuh? pembuktiannya dulu bro...

apakah kantor2 sepi? apakah banyak boz2 yang marah2 gara2 anak buahnya gak kerja, tapi FB-an?

jangan2 ntar FB bisa meningkatkan persen keceelakaan... karena asik FB-an gak liat jalan...

hahahahaha..... PIZzzzzzz


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers