February 22, 2009

Penyebab Munculnya Aksi Golput Pada Pemilu

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 : Apa arti Golput? Pastinya kita semua sudah tahu apa arti dari istilah tersebut. Golput atau Golongan Putih (barisan abstain) ini bisa diartikan dengan tidak hadirnya seseorang pada waktu pemilihan (tidak ikut nyoblos). Adakah diantara kita (khususnya para blogger) yang berencana ikut golput dalam Pemilu 2009 nanti? Semoga saja tidak ada yang golput. Apalagi dengan adanya SEO Contest Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 ini, mendorong kita semua untuk lebih semangat dalam mengikuti "Pemilu 2009" nanti. Nah sekarang, apa penyebab sehingga seseorang menjadi golput? Berikut beberapa alasan munculnya aksi golput tersebut :
  • Pertama. Golput teknis, yakni mereka yang karena sebab-sebab teknis tertentu berhalangan hadir ke tempat pemungutan suara atau mereka yang keliru mencoblos sehingga suaranya dinyatakan tidak sah.
  • Kedua. Golput teknis-politis, seperti mereka yang tidak terdaftar sebagai pemilih karena kesalahan dirinya atau pihak lain (lembaga statistik, penyelenggara pemilu).
  • Ketiga. Golput politis, yakni mereka yang merasa tidak punya pilihan dari kandidat yang tersedia atau tidak percaya bahwa pemilu akan membawa perubahan dan perbaikan.
  • Keempat. Golput ideologis, yakni mereka yang tidak percaya pada mekanisme demokrasi (liberal) dan tidak mau terlibat di dalamnya entah karena alasan fundamentalisme agama atau alasan politik-ideologi lain.
Nah hanya karena sebab-sebab lain itulah yang menjadikan mereka menjatuhkan pilihan untuk golput.

Gimana dengan anda untuk Pemilu 2009 nanti?

O ya, blog ini salah satu peserta kontes SEO Stop Dreaming Start Action. Dukung yach... :)

Related posts :


8 comments:

thom on 22/2/09 20:23 said...

Yeeee I am the first blogger who comment.
Huehehehe..
Yiihaaa

Klo menurut aku, kalau pemerintah tidak mau warganya golput, ringkas dulupartainya? Masa' Partai sampe 32 gitu. Gimana gak golput klo gitu?? Bingung mau milih yang mana..
Semuanya menawarkan janji semua. mending GOlput deh.. Apalagi orang-orang tua, terlebih yang gak bisa baca tulis. Wuiih.. semangat golput mereka saya yakin besar sangat :)

Tapi,, kita yang muda-muda jangan golput yah? :)

Nauval on 23/2/09 14:24 said...

Yang bikin bingung, partainya banyak banget tuh sekarang...

Yaudah lah, saya juga masih 14 tahun, belum bisa milih...

Hehehe...

Paman Gober Ikut Pemilu 2009 on 23/2/09 17:56 said...

hooh kalo soal teknis pernah mas :)

lupa bawa undangan nyoblos, jadi malas balik lagi deh... hehehehee

Bisnis Online >BLogs on 24/2/09 08:30 said...

wah kalo saya lihat keadaan nich, tergantung mut. klo tiba2 minat sich nyoblog juga.! hehe

ugiQ on 24/2/09 11:56 said...

@tengkyu yach semua dah berkenan mmpir... :)

Angeline said...

Hmm.. kalau saya bilang ya.. kalau soal golput itu sendiri..
memang ada beberapa warga yang malas untuk memilih.. karena begitu banyak nya partai yang di sodorkan oleh pemerintah itu sendiri dan juga para warga nya tidak mengenal caleg-caleg mereka itu..
tetapi salah satu kesalahan lagi.. karena sistim pemerintahan kita lah.. dimana sistim pemerintahan kita adalah sistim demokrasi (liberal) yang berarti juga bebas.. jadi bagi mereka, mereka mempunyai hak untuk memilih ataupun tidak memilih caleg mereka.. oleh karena itulah yang membuat golput di indonesia ini semakin banyak..
dan juga ada beberapa orang yang cuma menganggap bahwa para caleg itu sendiri hanya mengumbar janji saja.. sehingga membuat mereka untuk memilih golput..
kalau itu menurut saya ya.. :)
kalau saya pribadi sih pas kemarin pemilu, saya contreng aj.. hehe.. :)

Stop Dreaming Start Action on 16/7/09 23:32 said...

kalo ane se ikutan hati nurani...toh golput tak akan menghasilkan apa-apa

Anonymous said...

GOBLOK


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers