May 2, 2009

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2009

foto ki hadjar dewantaraMau ngucapin aja "Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2009" . Dimana hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia Raya, pada hari ini hampir setiap institusi yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan mengadakan upacara bendera. Upacara untuk memperingati hari bersejarah bagi dunia pendidikan Indonesia. Dan semua pasti sudah tahu bahwa tokoh pendidikan nasional yang sangat kita banggakan yaitu Ki Hadjar Dewantara (Alm), dimana nama asli beliau adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Berikut sedikit tentang beliau yang saya kutip dari sini :
Raden Mas Soewardi Soerjani (dibaca: Suwardi Suryaningrat), sejak 1992 beliau ganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara (dibaca: Ki Hajar Dewantara). Beberapa menuliskan bunyi bahasa Jawanya dengan Ki Hajar Dewantoro, beliau lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889 dan wafat di Yogyakarta 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Selanjutnya disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD") adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, "Tut Wuri Handayani" menjadi slogan Departemen Pendidikan Nasional. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah.

ajaran beliau :
ing ngarso sung tulodo — di depan memberi teladan
ing madyo mangun karso — di tengah membangun karya
tut wuri handayani — di belakang memberi dorongan.


Related posts :


8 comments:

Laela Inges on 2/5/09 23:43 said...

Hidup Indonesia ku.... :D :p

annosmile on 3/5/09 08:37 said...

met hari pendidikan..
gimana kabar pendidikan indonesia

blogger senayan on 3/5/09 10:33 said...

apa kabar mas?
bangsa indonesia harus prihatin dengan (pendidikan)/pembelajaran bangsa, karena warga bangsa semakin banyak yang jauh dari norma social n agama. Krisis pendidikan utamanya non formal

Cebong Ipiet on 3/5/09 12:14 said...

seimbang antara akademis dan moral nya euy kekekekke

Laela Inges on 10/5/09 21:21 said...

@for all : thanks semua... :)

pasang iklan gratis on 23/5/09 08:53 said...

Mari kita bersemangat untuk Memajukan pendidikan Negeri Kita ini, biar pendidikan indonesia lebih baik lagi, bukan cuma pemerintah yang harus berusaha, tapi kita juga harus berusaha!

hari pendidikan nasional on 29/5/09 06:38 said...

mas blogger anda bagus bgt seh,,,,,,
bdw bisa ajarin q bwat blog sprti mas ga
klo bsa kirim pesan ke e-mail q ya ne e-mailx
sukinno@ymail.co.id oh ya ku tnggu ya blzsan dr mas
tp cpt mas ya cz mau ada lomba membuat blogger d scoll q trims

business on 7/7/09 11:34 said...

hidup indonesia, maju blogger indonesia.

btw aku sampai lupa mei kemaren,kalau ada hardiknas


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers