September 25, 2008

Kiat Mencegah Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang jika nggak dirawat dapat menimbulkan gigi keropos dan sekecil apapun lubang gigi sebaiknya dirawat. Ayo siapa yang giginya udah berlubang? Adapun untuk mencegah gigi berlubang beberapa kiat yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Mengurangi makanan lengket seperti cokelat, dodol, permen dll.
2. Rajin sikat gigi. Lakukan sikat gigi tiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari menjelang tidur. Jika kita tidak sikat gigi, sisa makanan selama 24 jam akan berubah menjadi asam. Asam ini menjadi media bagi kuman untuk berkembang.
3. Gunakan sikat gigi yang lurus sesuai usia kita dan berbulu lembut.
4. Sikat gigi dengan pasta gigi.
5. Sebelum sikat gigi, berkumur terlebih dahulu untuk melembabkan gusi.
6. Teknik sikat gigi mulai dari gigi belakang bawah dengan gerakan dari arah leher gigi menuju arah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Lanjutkan bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi, diteruskan pada bagian depan gigi bawah dengan gerakan naik turun juga dari leher gigi menuju bagian atas gigi. Teruskan bagian dalam dan luar gigi menuju bagian oclusol (bagian mengunyah) dengan gerakan maju mundur. Lakukan sama pada rahang atas dan bawah. Tiap gerakan di masing-masing sisi dilakukan minimal 8 kali gerakan.
7. Setelah itu berkumur untuk membersihkan sisa-sisa kotoran. Sikat gigi harus diganti jika bulu sikat udah rontok, rusak atau melebar sehingga tidak nyaman atau tidak efektif lagi digunakan sebagai sikat gigi.
8. Nggak semua bagian gigi bisa tersapu bersih dengan sikat gigi, karena itu pemakaian benang gigi (dental floss) juga perlu untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi terutama daerah antara gigi (interdental) dan gigi yang berjejal. Gunakan benang gigi khusus bukan benang jahit.
9. Bersihkan karang gigi dan lakukan pemeriksaan gigi rutin tiap 6 bulan.

Moga bermanfaat bagi kita semua dan bagi yang mau nambahin, silakan.

Related posts :


25 comments:

Taktiku on 25/9/08 12:38 said...

Bagus nih boss tipsnya berguna banget. :)

Masenchipz on 25/9/08 14:05 said...

hi..hi... :D gigi gw putih bersih kan? he..he..

Cebong Ipiet on 25/9/08 14:44 said...

sedia gigi cadangan *halah* kikikiki tips bwt kulit kasar gmn? kulit ebong buluk kek badak niy

yaqon on 25/9/08 15:30 said...

wah arak dokter gigi batur lombok...matur tanpiasih lewat juluk

g on 25/9/08 16:04 said...

walah kalo giginya kayak nenek saya yang ompong gmn ya ngrawtnya?

cena on 25/9/08 16:10 said...

emang sakit gigi lebih sakit dari sakit hati ya? ;))

acy on 25/9/08 16:45 said...

kalo gigi suka ngilu gimana ngobatinya yaw???:)

Tony on 25/9/08 18:56 said...

telat baca tips ini soal gigiku udah penuh lubang :(

Benny on 26/9/08 00:02 said...

siap laksanakan perintahnya.. thank ats tipnya. walaupun udh agk telat aku tau..:)

Bayu Aditya on 26/9/08 10:06 said...

poin ke-9 itu yg susah kayanya

adinata on 26/9/08 11:05 said...

yah, kalo dah terlanjur berlubang gimana? tapi tips saya saya simpen tuk anak aya, tapi dia masih blum punya gigi :D

uGiQ on 26/9/08 11:52 said...

@Taktiku: makacih ya... :)
@Masenchipz: sama mas chip :D
@Cebong Ipiet: masak kulit ebong buluk kek badak? Ada2 aja. ha..ha... =)) :)
@yaqon: dokter2an meton... :)
@gus: gmn ya? ya gak bisa dirawat dong... klo udah ilang semua... =))
@cena: katanya sih gitu.... :)
@acy: ngobatinnya ke dokter gigi terdekat yaw... :)
@Tony: sama mas ton... :(
@Benny: segera laksanakan....!! :)
@Bayu Aditya: kayaknya sih susah? :)
@adinata: jln pintas dicabut aja... :) gmn mau gak? tp sakit banget. :(

Ecko on 26/9/08 19:12 said...

Gigi saya sudah berlubang guedeeeeee bgt, tapi entah kenapa koq sampe sekarang yg namanya gosok gigi sehabis makan selalu aja males. Duh, jangan sampe deh tar keburu sakit gigi.

Thanks infonya, bermanfaat sekali untuk menggosok gigi secara baik dan benar. :D

Setiaji said...

wah kalo saya punya pengalaman jelek, waktu kumur pake obat kumur yg bisa nyembuhin sariawan, gak taunya ? malah gigi saya cenut2x hampir seminggu :((

-setiaji-
www.kodokijo.net

pencuri kode™ on 26/9/08 20:29 said...

wah gigiku berlubang nih giq ????? =)) =))

JoVie on 26/9/08 22:32 said...

jovie suka pake dental floss tp paling males kl gosok gigi..gimana dunk.:D

albri on 26/9/08 23:51 said...

Salam dari Newbie. Ini ada hidangan idul fitri untuk para Blogger. Bukan bermaksud nyepam, tapi ingin berbagi. Maaf kalau tidak berkenan.

Nias Zalukhu on 27/9/08 10:33 said...

Wah terlambat mas... gigiku sudah pada copot semua gara2 berlobang hahahaha.. coba baca artikelnya 10 tahun yg lalu hhihihih

uGiQ on 27/9/08 12:03 said...

@Ecko: tengs juga mas ecko... :)
@Setiaji: aduch kasian...sabar yach... :)
@pencuri kode: cabut aja yach... =)) =))
@jovie: kok males...ak yg sikatin ya mbak... :))
@albri: yuk nyante aja... :)
@Nias Zalukhu: ha...ha... =)) =)) ada2 aja kang zalukhu....

SUKSES SELALU UNTUK KITA SEMUA

Ary on 28/7/09 21:16 said...

assalamu`alaykum gigiku sering berdarah klo kena air, apa obatx yah biar gigiku ga brdarah lg ??? Thanks

Ary on 28/7/09 21:18 said...

gigiku sering berdarah klo kena air tlg obatnya dunk. thanks

keii on 23/4/10 14:58 said...

makasih banget tipsnya,, bakalan dicoba deh..
hehehehe..

comang on 15/6/10 17:31 said...

sangat bermanfaat sekali nih tipsya, makasi atas infonya

Anonymous said...

buat yang giginya berlubang walaupun kecil cpt2 deh ke dokter gigi, karena kl klamaan bs tambah besar.... dan buat yg bebas dari gigi berlubang hrs sering2 di rawat dan cek setiap 6 bulan skali ke dokter gigi. karena harga perawatan buat gigi berlubang ke docter lumayan loh!!!! untuk perawatan gigi berlubang tergantung besar atau tidaknya lubang perawatan dilakukan selam 3x berturut2,... setelah itu br ditambal deh gigi yg berlubangnya.

messiafwan on 10/7/11 16:32 said...

ngono-ngono yo sek bolong..............


Post a Comment

Hi.. thanks for visiting my blog. You can leave your comment here. :)

 

Recent Comments

Followers